Tentang Saya

Nama saya Suhadi. Saya adalah seorang guru IPA SMP di Kalimantan Selatan. Selama menjalani profesi sebagai guru, saya pernah ditempatkan di SMPN 3 Danau Panggang (Desa Sapala: 1999 – 2004), yang merupakan sebuah SMP terpencil di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Alam Desa Sapala yang indah telah memberikan kenangan manis buat saya. Meski tempat itu relatif sepi, tapi saya sangat menikmati selama bertugas di sana. Setelah beerapa waktu berkutat di SMPN 3 Danau Panggang, saya mengusulkan mutasi ke sekolah lain, yaitu  SMPN 4 Danau Panggang (Desa Sungai Namang; 2004 – 2008) untuk mencari pengalaman dan situasi baru. SMPN 4 Danau Panggang, sewaktu saya masuk dan mulai bekerja di sana adalah sebuah sekolah baru dengan jumla siswa dan ruang kelas yang sedikit. Hari-hari melelahkan karena jauhnya perjalanan pulang-pergi yang saya harus tempuh dengan kondisi jalan yang rusak parah setimpal dengan pekerjaan santai saya di sana (sedikit jam mengajar). Terakhir saya sudah mutasi lagi ke sebuah sekolah di kota kabupaten, yaitu di SMP Negeri 4 Amuntai; 2008 – sekarang). Kegiatan yang cukup padat dan jumlah jam mengajar 24 jam per minggu membuat saya cukup kewalahan untuk mengalokasikan waktu untuk memelihara bog ini. Tetapi, saya tetap berusaha untuk terus mengisimya agar tidak mati.

Saya selalu menganggap dan berusaha untuk menjadikan diri saya seorang lifelong learner. Saya berusaha untuk selalu berprinsip: “Tak mau dihambat oleh rasa malu untuk memulai belajar sesuatu walaupun kata orang sudah terlambat dan tak mau dirintang oleh keterbatasan.” Saya ingin menjadi seorang pejuang (InsyaAllah), untuk menjadi seorang yang selalu berguna untuk orang lain, keluarga, dan diri sendiri.

Saya menempuh pendidikannya mulai dari SDN Sungai Sandung 1 (lulus tahun 1987) di mana di sekolah tersebut ibu saya adalah salah seorang gurunya. Saya sangat menikmati masa saya bersekolah di sini (bukan karena ada ibu saya), tapi lebih karena guru-guru di sekolah tersebut terasa berpengaruh besar dalam kehidupan saya. Setelah lulus SD, saya melanjutkan pendidikan ke SMPN Alabio (lulus 1990), lalu ke SMAN 1 Amuntai (lulus 1993).

Cita-cita saya sejak kecil adalah ingin menjadi guru, karena itu saya tak pernah mengalami disorientasi mengenai jurusan atau fakultas yang harus saya pilih ketika melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Saya memilih untuk kuliah di Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat (lulus tahun 1999). Bidang IPA terutama biologi adalah bidang yang selalu dalam hati saya.

Saya termasuk orang yang beruntung (dalam anggapan saya), karena di akhir tahun 2000, ketika pemerintah pusat lewat sebuah proyek peningkatan mutu pendidikan menengah, saya berhasil memperoleh beasiswa untuk melanjutkan pendidikan saya ke jenjang S2. Pada Jurusan Pendidikan Sains konsentrasi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Surabaya-lah kemudian saya belajar dan lulus tahun 2003.

  1. November 9, 2010 pukul 1:36 pm

    Assalamualaikum.
    Pak Suhadi saya juga guru biologi di sebua SMP di kota Duri Riau. Kita bisa sharing mengenai pembelajaran untuk kedepannya kan..
    Terima kasih

    ===
    @ siski
    tentu, dengan senang hati.

  2. dalia halmahera,S.Pd
    November 19, 2010 pukul 3:06 pm

    senang bisa kenal dengan anda,walau melalui tulisan yang anda tulis. jujur saya merasa tertarik tentang makalah ptk anda yang berjudul”meningkatkan hasil belajar melalui kuis NHT”. mudah-mudahan saya juga bisa menerapkan ini pada siswa di sekolah.

    ==
    @ dalia halmahera

    terima kasih. Mudah-mudahan

  3. dyah p
    Maret 31, 2011 pukul 6:20 pm

    Semangat…tetap jadi pejuang dan jadilah diri sendiri..InsyaAllah kesuksesan akan menyertai…salam kenal

  4. November 5, 2011 pukul 9:29 am

    selamat dan lanjutkan terus perjuangan untuk anak negeri

  5. suhadinet
    November 6, 2011 pukul 11:25 pm

    mkasih mang, napa habar? baik ja kalu?

  6. November 7, 2011 pukul 9:09 am

    baik haja, sampaikan salam kpd kawan-kawan kita ex smpn 3 danau panggang

  7. April 7, 2012 pukul 11:55 pm

    Apa kabar, pak guru? Lama saya tak menikmati tulisan pak guru di triond. Atau saya yang terlalu lama terlelap?

  8. Mei 6, 2012 pukul 9:21 pm

    anda memang seorang pekerja keras. saya sangat kagum kpd anda, sya ini msah s’orang siswa SMA.tp saya mau mengikuti jejak anda yaitu dengan bekerja keras
    indahny menjadi seorang guru jasa”nya sangat mulia. guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: