Beranda > bahan bacaan > SALAH SATU CARA MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI ANAK: Membantu Anak-anak Merasa Bahwa Mereka Memiliki/Dimiliki

SALAH SATU CARA MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI ANAK: Membantu Anak-anak Merasa Bahwa Mereka Memiliki/Dimiliki


Oleh : Suhadi

Tulisan ini sangat erat berkaitan dengan tulisan sebelumnya di blog ini, yaitu : Kepercayaan Diri Anak-anak.

Tulisan ini disadur dari buku: Skills For Successful Teaching oleh Barbara Allman, Sara Freeman, Jeffrey Owen, Sally Palow, and Vicky Shiotsu –McGraw Hill Childreen’s Publishing: 2000)

Penting bagi anak-anak untuk merasa diterima dan rileks di kelas dan untuk memahami bahwa kontribusi mereka di kelas adalah penting. Berikut beberapa saran untuk membantu anak-anak merasa mereka sebagai anggota kelas yang berharga.


(a) Buat anak-anak tahu bahwa mereka penting.

• Anda selalu tersedia bagi anak-anak, apakah saat mereka ingin bertanya pada Anda dengan pertanyaan yang berkaitan dengan sekolah atau hanya sekedar ingin berbagi sesuatu dengan Anda. Beri salam pada anak-anak saat Anda tiba di depan pintu atau saat Anda bertemu mereka untuk menunjukkan bahwa mereka dapat berkomunikasi dengan Anda sebagai fakta bahwa mereka penting buat Anda.

• Kenali setiap anak-anak. Dengarkan apa yang dikatakan mereka, bahkan saat percakapan santai, dan mendengarkan hal-hal yang membuat mereka tertarik atau penasaran. Jika anak-anak berkomunikasi bahwa mereka tertarik pada dinosaurus, Anda dapat meminjamkan buku tentang dinosaurus untuknya. Ketika anak-anak melihat bahwa apa-apa yang menarik perhatian mereka adalah hal yang penting bagi Anda, maka mereka merasa bahwa dirinya penting/berharga.

• Berbagi informasi tentang pribadi Anda kepada anak-anak. Biarkan anak-anak tahu tentang keluarga Anda, hobi, minat, dan tujuan hidup Anda. Ketika Anda dan anak-anak lebih mengenal satu sama lain, ikatan rasa saling percaya dan saling menghormati terbentuk.

• Tunjukkan suatu penghargaan saat anak-anak membantu dan bersikap kooperatif. Biarkan anak-anak tahu bahwa mereka berpengaruh pada bagaimana perasaan Anda. Tegaskan kepada mereka bahwa mereka adalah manusia yang berharga.

(b) Mendorong kerjasama dan kerja sama tim.

• Berikan kelas Anda peluang untuk bekerja secara berpasangan atau kelompok kecil. Variasikan kelompok selama tahun sehingga anak-anak memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan mitra yang berbeda. Saat anak-anak bekerja sama dan belajar dari satu sama lain, mereka melihat bahwa setiap kontribusi individu berharga.

• Biarkan kelompok berbagi karya kepada seluruh kelas. Kemudian pastikan anak-anak mengomentari
apa yang mereka sukai dari setiap kegiatan atau apa yang telah dapat mereka pelajari dari berbagai
presentasi. Memberikan kesempatan kepada seluruh anggota kelas menanggapi pekerjaan mereka akan memberi anak-anak umpan balik tentang apa yang telah mereka lakukan, dan ini sangatlah bermanfaat.

• Pastikan Anda meminta setiap anak-anak untuk mengambil tanggung jawab kelas seperti membagikan kertas atau membersihkan papan tulis. Tanggung jawab ini menjadikan anak-anak tahu dan memahami bahwa mereka dibutuhkan untuk membantu kelas dalam cara-cara tertentu.

• Menyediakan kesempatan bagi seluruh kelas untuk bekerja menuju satu tujuan, seperti merapikan kelas, menghias dinding kelas, atau ikut memainkan suatu permainan. Prestasi kelas adalah suatu kenyataan di mana setiap orang dapat merasa berbangga ikut terlibat di dalamnya.
(c) Abadikan kenangan kelompok.
• Ambil foto kelas Anda saat mereka bekerja sama dan tampilkan gambar-gambar tersebut di papan pengumuman atau tempatkan dalam album foto. Melihat foto-foto ini dapat memperkuat ikatan rasa-anak satu sama lain.

• Setiap beberapa bulan, telah memberikan kontribusi masing-masing anak-anak satu halaman ke “Buku Memori Kelas.” Halaman-halaman dalam buku itu berisi penjelasan mengenai kegiatan-kegiatan sekolah terutama yang dinikmati anak-anak. Saat anak-anak membaca halaman-halaman ini, mereka akan diingatkan tentang waktu bersama mereka.

  1. doen
    Agustus 25, 2010 pukul 10:04 am

    thanks, tulisannya cukup membantu saya untuk menyelesaikan karya tulis saya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: