Beranda > bahan bacaan > Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Perancangan Pembelajaran

Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Perancangan Pembelajaran


perencanaan pembelajaranAuthor: Suhadi

Ada sejumlah variabel yang berpengaruhi dalam merancang sebuah pembelajaran. Varibel-variabel tersebut adalah sebagai berikut:

1) Guru
Guru adalah variabel yang paling mempengaruhi proses perancangan sebuah pembelajaran. Pengaruh guru dapat beranjak dari pendapat mereka tentang apa yang seharusnya dipelajari oleh siswa, kapasitas mereka untuk memfasilitasi pembelajaran (penguasaan psikologi pendidikan dan metode mengajar), komitmen mereka terhadap profesi, keyakinan akan kemampuan siswa menangkap pelajaran, hingga latar belakang bidang keilmuan mata pelajaran yang diampu.

2) Siswa
Berbagai keputusan yang diambil guru dan dimuat dalam perencanaan pembelajaran juga sangat dipengaruhi oleh usia, tingkat kematangan berpikir, latar belakang pengetahuan yang telah mereka miliki, tingkat motivasi, hingga minat mereka.

3) Materi Pelajaran (Konten)
Saat merancang sebuah pembelajaran, sudah barang tentu harus mempertimbangkan dari sisi konten, terkait dengan tipe materi pelajaran yang akan dibelajarkan: apakah materi pelajaran berupa konsep, prinsip, fakta, atau keterampilan. Setiap tipe materi pelajaran memerlukan strategi yang berbeda-beda dalam penyampaiannya agar siswa terfasilitasi belajarnya.

4) Material dan Sumber Daya yang Tersedia
Material dan sumber daya yang tersedia di sekolah sangat besar dampaknya dalam perancangan suatu pembelajaran. Kelengkapan material dan sumber daya di sekolah sangat membantu guru untuk mempermudah perancangan pembelajaran. Walaupun demikian, seringkali pada guru-guru ahli, mereka punya kemampuan untuk mencari pengganti material atau sumber daya tertentu yang tidak tersedia di sekolah dengan material atau sumber daya lain yang terdapat di sekolah atau lingkungan sekitar.

5) Waktu
Waktu yang tersedia mempengaruhi proses peracangan pembelajaran. Kemampuan guru untuk memilah-milah berbagai kegiatan pembelajaran dan materi pelajaran esensial sangatlah penting, sehingga waktu yang ada dapat bermanfaat semaksimal mungkin bagi proses pembelajaran.

  1. Mei 12, 2009 pukul 9:01 pm

    ternyata banyak variabel yang harus dipertimbangkan dalam merancang sebuah pembelajaran. padahal kebanyakan institusi pendidikan dan sekolah hanya mengandalkan GBPP lama tanpa modifikasi, tanpa menyesuaikan dengan kondisi terkini yang ada.

    =================================
    @ marshmallow

    Yupi, bener banget Bu.
    Perencanaan yang matang awal kesuksesan guru di depan kelas.

  2. rahma
    Mei 28, 2009 pukul 11:38 am

    pak saya minta dikirimi contoh PTK dan karya ilmiah yang sudah sesuai standar depdiknas terutama tentang bahasa indonesia

  3. sony susanto
    Januari 1, 2010 pukul 9:30 pm

    mestinya sumber ilmiah konten ulasan tentang artikel bisa ditampilkan biar tidak ada salah penafsiran.ini demi kepentingan ilmiah. maaf bila bahasa saya mungkin agak kasar.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: