Beranda > bahan bacaan > Kurma

Kurma


Author: Suhadi

 

Kurma? Weh, kalau seperti bulan puasa ini, bahan makanan yang satu ini bukan barang aneh bila selalu terdapat dalam toples di meja makan saat beduk maghrib berbunyi. Memang kurma disunnatkan sebagai salah satu bahan makanan untuk berbuka. Rasanya yang manis karena kandungan gula yang tinggi bagus untuk mengembalikan energi yang terkuras selama puasa seharian.

 

Khabarnya, orang Arab sekarang masih sering minum kopi atau susu di pagi hari dengan tambahan beberapa butir kurma. Mereka meyakini bahwa kebiasaan ini bagus untuk memelihara tenaga. Kegunaan kurma sebagai bahan makanan sudah tidak asing lagi, bahkan Nabi Muhammad SAW dan keluarganya pernah beberapa bulan hanya makan kurma saja. 

 

Bila berbicara mengenai kurma, akan ada banyak sekali macamnya. Sebut saja yang terkenal macam  sukkari. Konon, sukkari kalau dimakan 7 biji setengah jam sebelum jima’ tanpa minum minum air dulu akan dapat menambah stamina pria. Kurma sukkari punya rasa seperti gula merah. Ada pula ambar, kurma yang ukurannya lumayan besar. Sebesar pinang. Daging buahnya tebal dan bertekstur lembut.  Biasanya dipakai untuk tahnik (diusapkan pada lidah anak) pada salah satu bagian acara tasmiyah atau pemberian nama pada bayi. Lain sukkari, ambar, lain lagi ‘ajwah. Kurma jenis ini memang relatif lebih mahal dari jenis lainnya. Ukurannya kecil-kecil dan bulat. Warnanya agak hitam. Kurma ini sering pula disebut kurma Nabi. Mungkin karena Nabi suka memakannya, atau Nabi dulu yang menanamnya? Wallahualam bis shawab. Kurma ini banyak tumbuh di Kota  Madinah Al Munawarah saja. Beberapa orang mengatakan bahwa kurma ini bagus untuk penderita kencing manis dan tekanan darah tinggi. Juga buat ibu yang baru melahirkan.

 

Apapun jenis kurma yang mungkin telah anda beli, pastilah pas untuk berbuka puasa saat maghrib nanti.

  1. September 10, 2008 pukul 4:18 pm

    alhamdulillah seorang teman sekelas dari saudi arabia memberi saya segepok kurma (commercially packed, pakai isi almond gitu) saat awal puasa lalu.
    jadi sekarang puasa bisa dibatalkan dengan sebutir kurma.
    (sebutir aja sehari, soalnya persediaan terbatas)
    hehehehe…
    ==============
    to marshmallow

    kurma banyak divariasi dengan bahan-bahan lain ya sekarang, jadi lebih enak. O ya, jam berapa mbatalin puasanya? Jangan pas dzuhur ya… ha..ha..

  2. zulfaisalputera
    September 10, 2008 pukul 4:49 pm

    Aku tidak tau banyak varian kurma itu apa saja. Taunya kurma aja. Ketiba ibu pulang umroh dan haji berturu-turut aku dibawakan kurma ‘yang katanya’ asli Arab. Memang beda dan lebih kenyal. Ada juga kurma buat obat subur.

    Subhanallah, kurma ternyata beraneka.

    Soal khasiat, pasti banyak.

    (Ngomong-ngomong sampeyan sudah jadi ahli botani beneran. lho!)

    Tabik!

    =================
    to zulfaisalputera

    variannya memang sangat banyak, apalagi olahannya. Ahli botani, mau tuh

  3. September 10, 2008 pukul 6:22 pm

    Kemaren saya juga menikmati kurma saat buka puasa bersama di Masjid Westall…..nikmat juga walaupun kurma kemasan yg dibeli di supermarket…..
    =============
    to indira

    ternyata rame juga ya puasa di melbourne.. Alhamdulillah

  4. September 10, 2008 pukul 7:11 pm

    Kurma sangat bagus bagi kesehatan karena kandungan gulanya yang tinggi dapat mengganti gula darah yang hilang selama puasa..
    Subhannallah, ternyata ini telah diamalkan oleh Nabi Muhammad SAW lebih dari 14 abad yang lampau….

    ================
    to syamsuddin Ideris

    Betul syam…

  5. September 10, 2008 pukul 10:41 pm

    Saya sangat suka kurma, setiap Ramadhan tiba, meski saya bukan muslim tapi saya kerap membelinya di pasar swalayan.

    Rasanya manisnya itu berbeda dengan rasa manis lainnya dan yang paling menyenangkan adalah rasa seperti butiran-butiran halus di dagingnya.

    Selamat berpuasa, Pak Suhadi!
    ===================
    to donny verdian

    betul don, rasanya saya suka sekali. Makasih..

  6. September 10, 2008 pukul 11:06 pm

    Assalaamu’alaikum wr. wb.
    salam kenal, kurma di zaman sekarang kalah saing dengan makanan lokal : kolek pisang, klang-kaling, bubur sum-sum dll. Makan kurma di saat puasa ramadhan saya lihat sudah jarang di tempat saya. Kalau pun ada, dianggap sunnah.

    Konon, sukkari kalau dimakan 7 biji setengah jam sebelum jima’ tanpa minum minum air dulu akan dapat menambah stamina pria. kayanya kalimat ini perlu diperjelas nih😀 *dislepet pake pelepah kurma*

    Salam kenal..

    =================
    to santribuntet

    Nanti saya kasih bold, dengan ukuran font yang lebih gede. Trus paragrapnya saya kembangkan sampai 5 paragraf. Gimana Pak? Ha..ha..

    Salam kenal juga

  7. September 11, 2008 pukul 1:48 am

    dan kurma-kurma itu,
    mengapa begitu dirindu
    bukankah ia ada di sepanjang masa
    baik puasa tidak puasa

    bahkan Santiago pun memburu Mesir
    menyeberangi lautan tandus padang pasir
    apa yang dicari manusia pada kurma-kurma itu
    jika sepanjang musim kita dapat merindu…
    ================
    to Daniel Mahendra

    lagi rindu sama siapa Mas?

  8. September 11, 2008 pukul 3:54 am

    saya suka manis, tapi entah kenapa kurang suka sama kurma, mungkin karena terlalu manis, jadi terasa eneq

    atau mungkin saya sudah terlalu manis, jadi eneg kalau ditambahi manis :-p

    salam kenal pak suhadi, saya juga sempat besar di kalimantan selatan, di Banjarmasin🙂

    ====================
    to denny

    waw! salam kenal dulu orang banua. Sekarang di mana? Kamu manis? Hmmm…kayaknya iya juga deh..

  9. September 11, 2008 pukul 7:17 am

    Saya tidak suka kurma dan sering mual memakannya, sedih juga..:P

    ================
    to alifia

    kenapa sedih bu guru? takut kehilangan pahala sunnatnya? Kan boleh diganti dengan makanan manis lain.. Mat puasa

  10. try
    September 11, 2008 pukul 7:25 am

    Saya suka sekali kurma. Tadi subuh baru makan bareng bapak setelah sahur. Saya gak tau jenisnya apa, cuma beli di swalayan, tapi rasanya enak😀

    ============
    to try

    alhamdulillah………

  11. September 11, 2008 pukul 8:01 am

    kurma kayaknya identik dengan Ramadhan, jadi menu berbuka serasa kurang kalau tanpa kehadirannya meski hanya menikmati sebutir dua butir
    =============
    to achmad sholeh

    betul pak, trus kalau bisa makannya ganjil, satu, tiga, atau lima (katanya ibu saya itu juga sunnah. Soalnya Allah suka yang ganjil. Bener gak ya?)

  12. September 11, 2008 pukul 8:34 am

    kurma makanan faforiteku lho…..
    heheheh….
    lam kenal ya..
    ==============
    to ma2nn

    sama.. lam kenal juga

  13. September 11, 2008 pukul 10:21 am

    yang puasa, yang puasa…
    dipilih… dipilih…
    kurmanya, buuu…
    yang sukkari, maaas…
    bisa bikin perkasaa…
    *jadi gak fokus.com*:mrgreen:

    ==================
    to marshmallow

    (*kasih sebox kurma india, suruh jualan di perempatan) 😆
    Ada-ada saja kamu…

  14. September 11, 2008 pukul 11:45 am

    enak nih….. apalagi kurmanya dibikin jus, diminum pas buka puasa.. seger….

  15. September 11, 2008 pukul 11:59 am

    Tahukah Anda ….

    * Satu butir kurma kaya akan energi dalam bentuk hidrat arang (6,1 g), serat, potasium (54,3 mg), dan cukup zat besi.
    * Satu dua butir kurma sudah cukup mengganti energi yang berkurang saat puasa. Berdasarkan Data Primer Penelitian Puasa dan Kesehatan 1994 (Puasa dan Kesehatan, Dr.dr.H. Wahjoetomo), perubahan kadar gula darah sebelum dan saat berpuasa relatif kecil (tidak bermakna)
    * Potasium bermanfaat mengatasi kelelahan otot, juga menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko stroke.
    * Seratnya baik untuk mengatasi sembelit.
    * Tekstur serat pada kurma cukup halus, aman untuk lambung sensitif atau radang usus.
    * Kombinasi zat besi dan hidrat arang baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.

  16. September 11, 2008 pukul 1:14 pm

    wah nikmatnya bisa berbuka dgn yg manis ..🙂

    tp jadi penasaran ma kurma2 yg disebutin diatas…..

    MAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU …..🙂

  17. SQ
    September 11, 2008 pukul 5:05 pm

    Wah. kalau begini saya jadi mau lebih cepat buka pak Suhadi.🙂🙂

  18. September 11, 2008 pukul 8:14 pm

    Ditunggu, kiriman kurmanya dari Danau Panggang ke Bajayau..he..he..he…Naik Klotok kali ya?

  19. September 11, 2008 pukul 8:25 pm

    di kendal susah dapatnya, pak suhadi. ndak tahu juga kenapa. padahal pinginnya setiap berbuka mesti ada kurmanya.

  20. September 11, 2008 pukul 9:50 pm

    itu salah satu mknan kesukaan saya,pak.

  21. September 12, 2008 pukul 3:23 am

    Wah Baru tahu banyak macam kurma ya ternyata
    dan eheh ada khasiat sebelum jima….
    wih menarik pak jadi tahu macam dan khasiatnnya boleh dong di share kasiat yang lainya

  22. arifrahmanlubis
    September 12, 2008 pukul 8:54 am

    yang ajwah memang manstabs…

    yang sukkari belon pernah nyoba🙂

    nuhun infonya pak. seru juga pengetahuan kurma ini

  23. September 12, 2008 pukul 8:55 am

    selamat berbuka puasa dg kurmanya ya… ntar 🙂

  24. September 12, 2008 pukul 10:54 am

    wah, kmrn pas Bukber di fakltas sy dapat korma enak banget lho. padahal sy bukan salah satu penggemar kurma.. tp skrg kurma jadi barang langka dan kurang peminat

  25. September 13, 2008 pukul 10:56 am

    KAta taman, Kurma memiliki kadar Potasium tinggi diperlukan oleh tubuh untuk sistem saraf (anti depresi). Mungkin itu sebabnya baik untuk ibu yang baru saja melahirkan ya?

  26. September 13, 2008 pukul 11:52 am

    Emm gitu yah … saya baru tahu ini nih jenis2 kurma.
    Terima kasih. Postingan yang bagus.

  27. September 13, 2008 pukul 1:49 pm

    saya belum pernah melihat buah kurma yang masih mentah…
    di mana yah nyarinya ??? masa harus ke irak sih??

  28. September 16, 2008 pukul 9:22 pm

    kurma emang uenak
    apalagi disantap saat berbuka

  29. September 19, 2008 pukul 10:23 am

    @marshmellow: waduh jangan gitu dong bu…. masa diirit irit? di Coles banyak tuh kurma… hehehe

    @suhadinet: itu kurma cakep banget ya? seger melihatnya… foto di mana pa? asli waktu di arab?

  30. September 19, 2008 pukul 11:25 am

    @bakhrian:
    idih! kalau di coles sih aku tau.
    tapi siapa yang cerita soal mau beli?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: