Beranda > Uncategorized > Lagi, Kiriman Buku dari Pak Ersis Warmansyah Abbas: Menulis dengan Gembira

Lagi, Kiriman Buku dari Pak Ersis Warmansyah Abbas: Menulis dengan Gembira


Saat pulang dari jalan-jalan, sore Jumat 22 Agustus 2008, saya mendapati sebuah bungkusan barang paketan dari tiki (titipan kilat). Melihat bungkusannya yang tergeletak di atas meja saat membuka pintu kamar, hati saya sudah bersorak: buku Menulis dengan Gembira (MDG) dari Pak Ersis nyampai!

 

Dengan setengah tak sabar, langsung saya sobek bungkusnya. Warna sampul yang didominasi putih dengan sedikit dikawani hitam, merah dan biru itu langsung mencolok mata saya. Benar! Buku Menulis dengan Gembira setebal 246 halaman itu sudah ada di tangan saya!

 

Saya buka dan lihat daftar isi. Wew! Sub-sub judul yang disajikan khas Pak Ersis. Lihat saja: Di Bab I, ada Menulis Bak Bersenda Gurau. Di Bab II, ada Selingkuhi Pikiran; Menjujuri Pikiran; Mem-publish Pikiran; Di Bab III MENGHILANGKAN STRES MEMBANGUN JIWA ada: Menuai Prasangka; Kemudian di Bab IV ada: Menulis Tahi Hidung; Menulis BH dan Air Berkaki; Menulis Pertanyaan Konyol. Heh, ada-ada saja judulnya. Saya sampai geleng-geleng kepala.

 

Setelah membaca daftar isi, saya langsung ambil bungkus kiriman yang tadi saya sobek. Saya catat alamat Pak Ersis, siapa tahu saya nanti akan berkunjung ke rumah/kantor beliau. Soalnya sudah dua kali saya diundang Pak Ersis untuk ke Banjarbaru tapi belum sempat juga mampir. Ada sih ke Banjarbaru dalam dua bulan terakhir. Dua kali malah, tapi kebetulan di Banjarbaru itu dalam rangka kegiatan dinas yang jadwalnya telah difix dengan ketat. Gak terbiasa, dan gak mau melanggar tata tertib apalagi bolos dari kegiatan. Maaf ya Pak Ersis, percayalah, hatiku saat di Banjarbaru selalu mengenangmu dan menanggung beban karena begitu ingin bertemu. (*Ciee!) Eit sumpah lo Pak, apalagi Pak Ersis sudah punya niat membantu saya bila nanti ingin menerbitkan buku.

 

Back to book: Menulis dengan Gembira (MDG) sepenuhnya berisi jalinan kata, susunan kalimat, dan paragraf-paragraf yang akan menggugah nature kita untuk menulis. Nature? Iya, soalnya menulis sama saja dengan berbicara, cuma medianya saja yang beda. Berbicara ditelan ruang, menulis terpatri di kertas. Bila membuka MDG, maka baru pada 3 paragraf awal di Bab I, pembaca telah diprovokasi. Pak Ersis mengatakan bahwa kita suka ho’oh saja tatkala banyak orang mengatakan menulis itu susah. Jadi baru pertama membaca tulisan sang motivator menulis ini, kita sudah dicemooh. Menyentil urat menulis kita yang mungkin kejepit teori-teori atau panduan-panduan menulis yang pernah kita baca. Begini kata beliau:

 

“Mulai sekarang, sejak membaca buku Menulis dengan Gembira, kalau berbicara, berdiskusi, atau berpikir, dan atau memaparkan pikiran tentang menulis hanya ada satu kesimpulan, menulis sangat mudah. Sangat mudah? Ah yang bener aja.

 

Ya iyalah. Siapa bilang susah? Mereka yang berpendapat menulis itu susah, pastilah karena tidak memahami hakikat menulis. Atau, kalau mereka fasih menulis, takut dapat saingan. Jadi, menakut-nakuti dan atau menggambarkan begitu susahnya menulis.

 

Lucunya, sampeyan ho’oh saja. Sesuatu yang mudah dibalik menjadi menjadi susah. Pendapat macam apa yang menjadi pegangan. Mari berpikir cerdas.”

 

Wokey! Yang mudha….yang punya ghaya….! (dengan aksen seperti Rhoma Irama), saya yakin, seperti buku-buku yang pernah beliau kirim kepada saya sebelumnya, buku ini akan mampu memotivasi saya untuk terus menulis. Saya akan terus menulis, dan dalam kegiatan menulis itu saya akan menjadi pebelajar yang terus berlatih untuk menajamkan setiap mata kata yang saya sodorkan pada pembaca. Saya akan jadi seorang penulis! Saya akan jadi seorang PENULIS! SAYA AKAN JADI SEORANG PENULIS! (*berteriak makin lantang, dirubung tetangga dikira sudah gila)😉

 

Thanks Pak Ersis Warmansyah Abbas. Ijinkan saya mengikuti jalan hidup yang kau pilih.

  1. Agustus 22, 2008 pukul 8:09 pm

    kriman buku utk saya sudah tiba kemarin, pak. tapi belum sempat baca semuanya… buku itu memang gaya khas pak ersis.

  2. Agustus 22, 2008 pukul 8:27 pm

    Menulis, membaca… Memang bisa bikin gembira dan bahagia..

  3. Agustus 22, 2008 pukul 8:32 pm

    Salam
    hiks hiks saya ga dapet, akh tapi tak apa membaca karya2 di blognya pun sangat memuaskan🙂

  4. Agustus 22, 2008 pukul 10:42 pm

    Mmm, saya juga sudah baca tuh buku MDG dari Pak Ersis..😀

    Setujuh (dengan aksen bang Haji Rhoma(h) .. )… saya jugah akan jadi penulis… he he he…😀

  5. Agustus 22, 2008 pukul 10:43 pm

    Mmmmmm, saya juga sudah baca tuh buku MDG dari Pak Ersis..😀

    Setujuh (dengan aksen bang Haji Rhoma(h) .. )… saya jugah akan jadi penulis… he he he…😀

  6. hoi
    Agustus 23, 2008 pukul 2:01 am

    yup2 numpang lewat

  7. Agustus 23, 2008 pukul 10:05 am

    wah mau dunks……
    bukunya………

    keknya bagus dah, memang utk menulis jg butuh gembira…. utk bisa menuangkan idenya….

  8. Agustus 23, 2008 pukul 2:10 pm

    Alhamdulillah akhirnya nyampe juga. Hehe.

  9. Agustus 23, 2008 pukul 2:21 pm

    waesss… mantap benerrrr…
    uenak tenan dapat buku, tapi yang paling enak bisa termotivasi secara intrinsik itu loh.
    ini bukunya atau pembacanya yang hebat ya?
    dua-duanya deh.

    *ketawa-ketawa baca paragraf terakhir*

    suhu bisa bikin cerita lucu juga nih kayaknya.

  10. Agustus 23, 2008 pukul 3:11 pm

    Wah harus masuk daftar book list saya nich pak….waduh dah panjang sekali daftar buku yg harus dibeli saat balik ke Indonesia😀

  11. Agustus 23, 2008 pukul 3:36 pm

    sayah kok ndak dikirimin ya pak…..jadih ngiri dyeh…. :mrgreen:
    angel say: emangnyah loe tuch sapa?!!!! 😈

  12. Agustus 23, 2008 pukul 8:39 pm

    aQ ingin jadi seorang penulis manga ^ ^
    doakan saya

  13. Agustus 24, 2008 pukul 10:54 am

    Wahh… saya belum kebagian nih bukunya!! *lirik mas Ersis dengan penuh harap*

  14. Agustus 24, 2008 pukul 12:02 pm

    mau OOT dikit nih, suhu.
    aku koq selalu kesulitan masuk ke blog pak ewa, ya?
    suhu gimana?
    popup windows-nya itu banyak banget menginterupsi.
    wah, gatek nih gak tau gimana menghalaunya.
    bagi tau dong caranya…
    thanks.

  15. Agustus 24, 2008 pukul 3:40 pm

    Saya menunggu kiriman juga, hahahhaha … siapa yang mau ngirimin De?

  16. taliguci
    Agustus 24, 2008 pukul 6:46 pm

    saya nunggu.. tapi nggak tau nunggu apa, hehehe.. buat yang sudah dapat, selamat deh..

    *tuing-tuing.. iri*

    @marshmallow: popup windows? kok saya ngga ada ya, mulus-mulus aja.. pakai vista, mbak? ie7? coba pake firefox gimana hasilnya?

  17. Agustus 24, 2008 pukul 7:00 pm

    iya emang tuh dengan menulis semua resah dan gudah khan sirna terbawa sang pengelana malam dalam bayangan indah sebuah kebahagian…

  18. suhadinet
    Agustus 24, 2008 pukul 8:09 pm

    @ Marshmallow:
    aminable sama taliguci. Mulus-mulus saja. Yang susah tu punya si Rangmudo, si catra tu. Lambat banget.

  19. Agustus 24, 2008 pukul 10:31 pm

    aku juga lum dapet bukunx nih…:)

  20. Agustus 25, 2008 pukul 1:27 am

    Punyaku ta’ titipkan DV di Yogya. Jadi belum liat…

  21. Agustus 25, 2008 pukul 7:21 am

    Wah.. Pak suhadi seneng. Bagi-bagi ntar isi bukunya ya…

  22. Agustus 25, 2008 pukul 8:25 am

    @taliguci & suhu:
    pake vista, firefox.
    dengan ie7 malah ditandai ada virus.
    wah, gimana ya?
    masak saya gak bisa buka blog pak ewa terus nih?

  23. Agustus 25, 2008 pukul 10:47 am

    aku jga ingin menulis, tapi kadang kehabisan kata untuk dituliskan

  24. Agustus 25, 2008 pukul 1:18 pm

    @melow
    Lagi despert banget keknya ya, gak bisa ke pak ewa. Dulu saya kalau kasi komen di sana selalu dianggap spam. Sabar ya… He.he.he..

  25. DM
    Agustus 25, 2008 pukul 2:45 pm

    @ Marshmallow:
    Bukan rezeki… Bukan rezeki… Bukan rezeki… :p

  26. Agustus 27, 2008 pukul 2:59 pm

    semoga kiriman buku ERSIS dapat menambah semangat dalam menulis…salam kenal wassalm

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

