Beranda > about me > ‘Basobok’ Oejiono (Bersua Oejiono)

‘Basobok’ Oejiono (Bersua Oejiono)


 Sorry, judul di atas menyontek judulnya Imoe (biar kayak orang Minang gitu…!)

 

Seteah perjalanan di atas angkutan umum minibus antar kota dalam propinsi Alabio-Banjarbaru yang kurang menyenangkan karena sepanjang perjalanan saya harus duduk berdampingan dengan seorang perempuan yang penampilannya kayak Nita Thalia, tapi punya piaraan kambing di keteknya, akhirnya saya nyampai juga di BTKPPKB Guntung Payung. He..he…Saya disuruh pelatihan. Alhamdulillah. Jarang-jarang saya dapat pelatihan. (*jangan ngeluh: guru kan banyak, jadi gantian donk. Sekarangkan udah dapat giliran).

 

Hup! Saya meloncat turun dari mobil yang bikin mabok itu dengan hati riang. Setelah ndaftar di meja registrasi dan menyerahkan surat tugas dari Kabag Gutek Dinas Pdan K Kabupaten Hulu Sungai Utara, saya diberi kamar bernomor 13. Wew! 13, kalau di barat sono kan 13 itu katanya angka sial. Sampai-sampai ada film seri horornya, yaitu Friday the 13th. Mudah-mudahan saya gak ketemu yang begituan deh, pikir saya. Ya, udah, setelah angkat barang bawaan saya langsung meluncur ke kamar.

 

Ternyata di sana sudah ada beberapa orang kawan dari berbagai daerah asal. Kenalan satu-satu, trus di antara bapak-bapak guru yang berbeda disiplin ilmu itu perhatian saya tertumbuk pada seorang Pak Guru bertubuh gempal. Rasanya pernah kenal, but Who? Where? And When? Ugh..saya ndak bisa ingat.

 

Setelah mengikuti acara pembukaan yang singkat sekali dan nyaris tanpa makna (bagi saya yang sudah kelelahan), kami kembali ke kamar. Trus bincang-bincang dimulai lagi. Ada yang menarik dari Pak Guru bertubuh gempal ini, selain saya merasa pernah tau dengannya, ia juga tipe orang dengan kepribadian menarik. Bagimana tidak, di saat kawan-kawan yang lain berbicara banyak, beliau diam dan mendengarkan dengan intens (caelaaa intens! Kosakata apaan tu?), trus setelah itu baru ngomong dan selalu mengena. Pas gitu! Hebat juga nih Bapak Guru Gempal, kata hati saya. Pasti orang pintar dan cerdas, tapi siapa ya?

 

He..he… pas malam tiba, kita omong-omong lagi. Saya tunjukkan blog saya pada kawan-kawan (bukannya narsis atau ingin dipuji, saya cuma ingin berbagi dan memotivasi). Eh, tu Pak Guru Gempal nyahut. “Saya dulu waktu masih kuliah juga suka nulis cerpen dan esai, bahkan artikel juga.” Nah lho, kata hati saya. Mulai dah saya ajak ngomong lebih serius, agar saya bisa bongkar siapa sih ni Pak Gempal sebenarnya.

 

Tanya punya tanya, bincang punya bincang, dan sembari usut punya usut, tersebutlah nama si Pak Guru Gempal itu (awalnya saya tak memperhatikan dengan baik saat perkenalan karena ada banyak orang).

“Nama saya Oejiono.” Katanya.

“Yang dulu di Senat Mahasiswa FKIP Unlam?”

“Iya.”

“Pantes, rasanya kok saya familiar dengan wajah Bapak.”

Dan bla..bla…. percakapan mengalir dengan derasnya. Kita bicara mulai masalah cerpen, Jamal Suryanata (penulis yang salah satu buku kumpulan cerpennya dikirim Pak Ersis pada saya beberapa hari lalu), Zulfaisalputera, penulisan novel, sertifikasi guru, pelatihan guru, hingga C3DM (Cewek-Cewek Cantik dan Manis di kampus). He…he…he…👿

 

Ya begitulah, akhirnya saat orang-orang sudah mengantuk dan terlelap, kami masih bicara ngalor ngidul hingga jam 12 malam. Mungkin lewat.

 

Ternyata Pak Oejiono yang dulu kakak tingkat saya (senior di senat mahasiswa) sudah lama gak nulis lagi. Sibuk banget kata beliau. Maklum, kerja dari pagi sampai sore untuk menambah ekonomi keluarga. Jadilah saya seorang provokator bagi Pak Oejiono agar mau menulis lagi. Ah, senangnya bisa berakting menjadi “Pak Ersis” untuk mengompori Pak Oejiono untuk menulis lagi.

 

Senangnya bisa ketemu Pak Oejiono lagi, seorang yang dulu tulisannya pernah dipublish dibeberapa media macam Banjarmasin Post, Dinamika Berita, Anita Cemerlang, hingga Hai. Heh, mudah-mudahan provokasi saya behasil, agar beliau mau nulis lagi. Sayang kan kemampuan menulisnya tak dipakai lagi. Ntar bisa jadi kaya pisau yang berkarat dan hilang ketajamannya. Ntar malam beliau saya minta membaca cerpen saya agar bisa dikritisi. (Guntung Payung, 13 Juli 2008)

Kategori:about me Tag:
  1. Juli 13, 2008 pukul 7:59 am

    Domain Gratis
    http://www.co.cc/?id=138366
    Hosting Gratis
    http://www.000webhost.com/?id=10192

    Bila anda ingin website gratis kami akan buatkan.

    Cara membuat domain dan hosting gratis :
    http://akujoker.wordpress.com

  2. Juli 13, 2008 pukul 8:13 am

    wew…. ketemu temen2 guru yang dulu pernah aktif dan kreatif menulis, tapi macet karena berbagai macam persoalan, memang mengasyikkan, pak suhadi. sudah saatnyamereka dikompori agar kembali menyala semangat menulisnya, hehehe😆 dan ini yang mengompori adalah guru IPA. wah, sungguh peretemuan yang indah dan menyenangkan.

  3. Juli 13, 2008 pukul 10:37 am

    wah, perjalanan yang seru, mulai dari perjumpaan dengan si mbak yang bikin pak suhadi mabuk kepayang (hihihi….) trus jumpa rekan satu almamater sambil masang kompor yang paling panas buat manas-manasin orang menulis.
    tapi bagus koq motivasi yang seperti itu.
    dasar pak suhadi raja cerita horor, dapat kamar koq ya nomor 13?
    ada kejadian menarik gak di kamar itu, pak?

  4. suhadinet
    Juli 13, 2008 pukul 1:26 pm

    To pak sawali tuhutseya: benar, enaknya dikirim pelatihan itu selain nambah ilmu juga ketemu teman2 lama.

  5. suhadinet
    Juli 13, 2008 pukul 1:31 pm

    To marshmallow, he.he…sialan banget deh, dandanan kaya penyanyi dangdut, tapi kok ya bikin orang mabuk. Ada2 aja. Kayaknya si mbaknya lupa pakai deodoran. Di 13 byk nyamuknya. Hitan n gedhe-gedhe.

  6. Juli 13, 2008 pukul 4:45 pm

    sepertinya seru tuh, bisa mangkampanyekan “AYO NGEBLOG!!” ke guru2 lain, yah sambil menyelam minum air lah,
    *btw, kan ga sampai mabuk ketek kan pak?*

  7. Juli 13, 2008 pukul 6:30 pm

    Wah saya jadi pengen menjadi penulis nih🙂

  8. Juli 13, 2008 pukul 10:06 pm

    Ayo pakkkk, kalo guru sudah ngeblog semua pasti seruuuuuuuuuuuu sayang ya……..ndak banyak guru kita hobby nulis, jangan nulis…baca koran aja ogah….BERAPA BANYAK GURU KITA YANG LANGGANAN KORAN YA……………….? nah tuhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  9. taliguci
    Juli 13, 2008 pukul 10:41 pm

    Wah senang bisa ketemu kawan lama, penulis lagi.. *Ayo pak, jangan ragu-ragu, ilmu yang didapet dibagi-bagi, hihihi… *

  10. Juli 14, 2008 pukul 5:41 pm

    selalu ada yang berkesan dari setiap perjalanan😀 punteun ya pak guru, kata ‘setelah” (kata pertama paragraf satu) nya ketinggalan “L” nya

  11. suhadinet
    Juli 14, 2008 pukul 7:24 pm

    To 1nd1r4… O ya, benar. Makasih koreksinya.

  12. Juli 14, 2008 pukul 7:56 pm

    sama seperti catra, ajak sekalian ngeblog pak… agar blog bisa benar-benar mencerminkan wahana ilmu pengetahuan

  13. Juli 14, 2008 pukul 11:58 pm

    Pak, yang bikin mabok itu yg mana? jalannya, jalannya mobil, ato…. yg itu-tu🙂
    Tapi udah dapet obatnya khan ? ketemu teman n sodara2.

  14. Juli 15, 2008 pukul 6:37 am

    To Namakuananda
    Hik.. yang bikin mabok kepayang itu kambingnya. He..he…:mrgreen:

  15. Juli 15, 2008 pukul 10:24 am

    Asiknya bisa ngumpul bareng lagi ma temen-temen aktivis dulu,, kapan yach saya bisa seperti anda? hehe,,

  16. Juli 15, 2008 pukul 1:19 pm

    reuni, reuni, reuni….

    reuni sambil memotivasi.
    selamat deh pak.
    biasanya kalau ada saingan, menulisnya kian terpacu.

  17. Juli 15, 2008 pukul 2:45 pm

    saya malah mo daftar jadi penggembala kambing saja ah…

  18. Juli 15, 2008 pukul 9:12 pm

    wahhh asyik banget tuhhh bisa kumpua² kawan lamo😀

  19. Juli 16, 2008 pukul 12:33 pm

    jadi.. gimana pak?
    udah dapet no hape kambingnya eh wanita yang…. heheheh

  20. Juli 17, 2008 pukul 8:43 am

    Sip semakin banyak yang ngompori orang menulis semakin bagus. Salam buat Oejiono

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

