Beranda > Uncategorized > Blogging? Ayooo!!!!!

Blogging? Ayooo!!!!!


Dengan ngeblog saya jadi nambah ilmu (InsyaAllah) dan banyak teman di dunia maya. Walaupun tak tabrak muka langsung, rasanya tetap asik. Pertama kali ngeblog di akhir bulan Maret 2008, sekitar 2 bulan yang lalu ya..? Sampai sekarang makin jadi ketagihan. Tadi sore saya membolak-balik lagi postingan-postingan di blog ini. Hmmm…. macam-macam komentar yang diberikan. Saat saya cek, ternyata bloger yang paling sering ngasih komen adalah Catra, rasanya ini anak sudah seperti adik sendiri. Lewat blognya Catra saya kenal Imoe dan Gama (gamasite). Setelah itu saya mulai kenal Gama (Namakuananda) yang tulisannya bagus-bagus. Orang yang paling pertama kali ngasih comment, pada postingan saya “Guru Yang Baik” adalah Ayaelectro, seorang cewek yang kalau ndak salah pengen ngelanjutin sekolahnya ke Malaysia (bener ya?). Siapa sangka, lewat blognya Pak Budi, saya ketemu teman yang waktu itu kenalannya di Bogor dalam sebuah ajang lomba untuk guru—Bu Listin Ngantung.

 

Saya juga jadi sering mampir ke tempat Pak Sawali Tuhutseya yang selanjutnya telah menginspirasi saya untuk belajar membuat cerpen (walaupun sampai saat ini saya baru bisa bikin 2 buah, yaitu Kalung Anyaman Kulit Kijang dan Pubertasnya Muhammad Satria Pamungkas yang terdiri dari 4 bagian). Rasanya senang sekali waktu beliau bersedia mengomentari cerpen saya. Karena untuk urusan tulis-menulis ini saya masih harus banyak belajar dan berlatih, saya suka ngunjungi Pak Ersis Warhamsyah Abbas. Trus kalau saya mau lihat tulisan-tulisan keren, maka saya akan pergi ke blognya Lainsiji yang benar-benar beda gayanya, atau ke blognya Zulfaisalputera, atau ke Maskun.

 

He..di blogosphere saya bisa nemuin orang aneh—bahasanya,  yaitu si Abee, atau si penyair Langit Jiwa yang produktif sekali menulis puisi, si “pusat gravitasi blogosphere”—Hanggadamai, atau Eka Pratiwi yang dulunya gak bisa nulis (katanya seh!). Ada juga orang yang pada fotonya lagi tengkurapan, macam Okta Sihotang (jangan diganti ya..), yang katanya mau cari rumah baru. Di dunia maya ini, saya banyak bertemu guru-guru kreatif dan hebat seperti Agus Sampurno, Syam Al-Ideris (yang ternyata tetangga—berbatasan wilayah kecamatan, sama-sama di tengah rawa; Bajayau), Year4sgj, EnPe dan EsWee. Saat saya gak pede untuk ngelanjutin cerpen Muhammad Satria Pamungkas, EsWee merekomendasikan agar saya coba jalan-jalan ke blognya Hafidzi (pemuda Banjar yang lagi nuntut ilmu di Al Azhar University di Cairo-Mesir, yang katanya pingin ikutan casting Film Ketika Cinta Bertasbih yang diangkat dari novelnya Habiburrahman Al-Syeirozi). Btw, udah belon castingnya Dzi? Semoga sukses studinya ya..

 

Pokoknya, buat teman-teman yang sudah mulai akrab dengan i-net, mending bikin blog juga seperti saya. Tambah pengetahuan, tambah teman. Oh ya, masih banyak lagi bloger lain yang belum disebut macam Gempur, Aristorahadi (orang Pustekom), Aminhers, Ashardi, Edward Lontah, Faiq Dzaki, Farhan (yang merupakan muridnya Pak Sawali waktu di SMA?), Eko, Dewi Yuhana (lulusan pesantren—santriwati yang aktif sebagai pembicara seminar dan sudah dilamar beberapa Parpol untuk jadi calon…..walikota ya Bu?), Kang Aom, M. Rudi Januar, Paul02583, Herman, Nindityo, Nastanesha, Nexlaip (nama yang bagus!), Rafki, Rita NI, Ricki Saputra, Rindu, Roy Suryo—Eh… Ray Suryo, Simbahsales, Sandi, Sandi Guswan, Tomy Arjunanto, Taufik79, Van, Ipotes, Pak SQ, Miss Unita—yang Miss U All, dan tentu saja Bu Azwirdafrist yang puitis sekalee…!

 

Bikin blog tidak sulit-sulit amat, saya bisa dari belajar otodidak saja. Obrak-abrik sendiri, trial n error!

  1. Mei 30, 2008 pukul 2:07 pm

    bukan cuma nambah ilmu pak….nambah temen jugax karenah memang blog ajang silaturahim…. :mrgreen:
    bahasah sayah aneh? 🙄 😳

  2. Mei 30, 2008 pukul 2:09 pm

    cari isteri jugax bisak pak…. :mrgreen:
    *ngeliat banyak blogger yg jadih pasangang*

  3. Mei 30, 2008 pukul 2:10 pm

    ada lagih pak…..hetrix dan pertamax adalah kata paling ampuh….. :mrgreen:
    *digobang*

  4. Mei 30, 2008 pukul 4:20 pm

    eiiittt… nama saya masuk jga toh… xixixixixixii… makasih deh dah masukin nama saya…

    to gempur
    Ada kan di atas ya Mas Gempur…. makasih kembali Mas

  5. Mei 30, 2008 pukul 5:59 pm

    wah serasa diangkat jadi murid nih.. makasih pak guru
    *jadi inget dulu kalo nakal dikasih jamu brotowali ama guru SD*

    to nindityo
    Weeekks…itu kan pahit:mrgreen:

  6. suhadinet
    Mei 30, 2008 pukul 6:25 pm

    To Abeeayang
    Silaturrahmi…boleh juga
    Aneh?……………..ya aneh-lah!
    Cari istri?……….bener juga!
    Tul, 2 kata itu ampuh:mrgreen:

  7. Okta Sihotang
    Mei 30, 2008 pukul 8:33 pm

    ck..ck..ck
    rencana sih mo ganti rumah, ntar kan diberi taw alamatnya…
    tenang yak😉

    to Okta Sihotang
    Bener ya!

  8. Mei 30, 2008 pukul 9:07 pm

    wah ada nama saya. bener tuh saya pengen skolah di malaysia. tapi sedang mencari sma yang bagus dulu…masih bingung. hehe. kuliah baru malaysia.

    to Ayaelectro
    Ya…ada dunk! Kamu kan termasuk siswa yang bisa menginspirasi pak guru macam saya

  9. Mei 30, 2008 pukul 10:27 pm

    wew..ada eNPe nongol di situ, huehehehe..
    makasih, pak. senang bise berbagi dgn bapak😀
    keep blogging..!😉

    to eNPe
    Sama-sama Bu, makin smangat ngajar juga ya…….

  10. Mei 30, 2008 pukul 11:53 pm

    wah referensinya dan segudang. makasih telah panggil-panggil namaku. makin mbloger aja pak guru. jangan ngganggu ngajarnya lho. awas.

    to Aristo
    dijamin Pak, he..he….😉

  11. Mei 30, 2008 pukul 11:54 pm

    Pak, saya suka istilah bapak
    […] Obrak-abrik sendiri, trial n error!

    asyik coy, gaul abiss… go blog – go blog-an ya pak.
    ngeblog WP tambah enjoy, boleh nyandu tapi ingak-ingak…

    salam semua🙂

    to namakuananda
    Pada kenyataannya memang harus go-blog-go-blog-an. He…he….

  12. Mei 31, 2008 pukul 12:59 am

    hati2 pak suhadi, hehehehehe😆 konon ngeblog itu juga mengandung zat adiktif, hehehehehe🙂 *bercanda* tapi memang bener kok, ngeblog bisa memperpanjang umur, kan banyak bersilaturahmi, banyak kenalan, dan yang pasti terus memacu kita untuk terus belajar.

    to Sawali Tuhutseya
    betul Pak, kalau jalan ke tempat Pak Sawali, makin saya sadar diri betapa saya harus terus banyak belajar
    zat adiktif-nya berasal dari tulisan-tulisan dan canda kawan-kawan ya….😆

  13. Mei 31, 2008 pukul 5:27 am

    Wah, ketinggalan aku.
    Pak Suhadi ternyata sudah nge-blog.
    Abis kalau beri komentar di blog aku suka ga ninggalin alamat URL-nya.

    Terimakasih juga telah mencantumkan namaku. Semoga ada manfaatnya.

    Tabik!

    to Zul
    Makasih kembali Pak.
    Soalnya suka gak pede, jadi URL-nya gak dimasukin
    😉

  14. Mei 31, 2008 pukul 9:10 am

    Wew,,, selamat blogging yah…
    aq juga baru ngeblog tanggal 21 mei 2008 walaupun dibuatnya dah dari tahun kemaren. baru sempet sekarang. maklum, hanya seorang pelajar. :p.

    Wew,, link-nya banyak banget. jadi pusing liatnya. hahahahaha..😀

    Trial n Error? Jadi inget ma indonesia. Trial n Error melulu……

    to t4rum4
    sama-sama Mas.
    Betul ya, urusan belajar nomor satukan dulu…
    Kalau nge-blog trial n error gak masalah kan. Tapi kalau urusan ngatur bangsa n negara?
    😀

  15. Mei 31, 2008 pukul 11:21 am

    betul,pak. dgn ngeblog kita akan tahu hal2 yg baru,dan tentunya menambah tali persahabatan didalam dunia maya.(mudah2an bisa ketemu didarat)
    oh..iyakadang2 mata sering berair menatap layar komputer,hehe..

    ( terimakasih,pak.telah mencantumkan nama langitjiwa di postingan bapak.)

    to Langit Jiwa
    kamu daftar prioritas Mas
    Oei…ijin nautkan blognya

  16. Mei 31, 2008 pukul 2:48 pm

    Hidup blogging!! Merdeka!!! hehehe🙂

    to bloGEsam
    Hidup blogging!! Merdeka!!! hehehe🙂 juga

  17. rickisaputra
    Mei 31, 2008 pukul 6:14 pm

    hehehee.. nama saya malah nangkring juga disana ternyata..

    btw saya juga mash relatif baru kok di dunia maya ini, terutama di blogosphere.. dah pindah rumah beberapa kali pula di beberapa para penyedia jasa blog gratisan.. hehehe.. tapi akhirnya nyantol di wp deh..

    btw, bagi saya, saya selalu jadi murid, yang selalu harus belajar.. karena saya memang hanya seorang murid biasa..🙂

    tetap seangat yo, mas…

    to Ricki Saputra
    Harus itu Cki…!

  18. Mei 31, 2008 pukul 7:05 pm

    temannya sudah banyak ya pak…. 😀

    to wonggendeng
    Gak juga Mas….
    Banyak yang gak/kurang aktif kayaknya, makanya tak cantumkan namanya
    Siapa tau bisa jadi semangat buat mereka

  19. imoe
    Mei 31, 2008 pukul 8:50 pm

    selain silaturahmi, ternyata ngeblog bikin saya kecanduan pak….lebih kecanduan dari pada narkoba…btw ada pusat rehabilitasinya gak ya…hahahahaha tapi saya senang, karena saya tak pernah melewatkan momen indah dalam hidup…..

    to imoe
    Wew! Narkoba… belum pernah nyoba kan Moe?😆 :mrgreen:

  20. Mei 31, 2008 pukul 9:40 pm

    Bener pak ngeblog bikin lupa waktu…
    tpi tetep inget mandi ko’hehe…..

    to Rita
    kalau gak mandi ntar bisa ngembik Mbak…:mrgreen:

  21. Coexy
    Mei 31, 2008 pukul 11:52 pm

    Nanti ajarin saya Pak Hadi. Saya juga ingin punya blog seperti bapak

    to Coexy
    Halah….! Orang yang bawaannya serius main ke sini juga
    pura-pura dalam kerahu Loe! Gravatarmu muncul kok, gak bisa nipu…. koen
    Mau ngucapin terimakasih ya, karena aku dah promosiin blog kamu di postinganku sebelumnya?
    Kalau mau ngucapin terima kasih, ajak saya makan di warung padang saja Pal

  22. Juni 1, 2008 pukul 2:16 am

    haddduuhh,, ternyata ada nama saya disebut di atas,, hhuhh *kesel* ngomen di postingan ini dah di urut 22, biasanya papan atas trus,, mungkin krna tadi outdoor trus…

    to Catra
    It’s OK Cat…..No problemo
    Mosok…kamu terus yang pertamaxxx😆

  23. Juni 1, 2008 pukul 6:26 am

    wew… disebut…disebut… (euphoria yang berlebihan… )…

    ngeblog juga bisa bikin over-quota, tapi ya ndak papa… namanya juga candu, biar over trusin aja…

    :p

    to ashardi
    Wew juga…!😉

  24. Juni 1, 2008 pukul 1:09 pm

    wah diriku disebut sebagai pusat blogosphere,,,
    *tersipu malu*:mrgreen:
    Hati2 pak candu ngeblog meradang di jiwa anda…😛
    Yuk semangat tuk terus ngeblog!!🙂

    to hanggadamai
    Wah bahaya dunk! Kalau sampai terjadi peradangan…….
    SEMANGAAATTTT..!!!!! 😀

  25. Juni 1, 2008 pukul 6:47 pm

    (lulusan pesantren—santriwati yang aktif sebagai pembicara seminar dan sudah dilamar beberapa Parpol untuk jadi calon…..walikota ya Bu?)
    😀 nah loh?!………….😆
    bapaaaaakk……bisa2 calon walikota yg asli marrah besar.
    Kagak tuh, belon ada yg ngelamar langsung😦
    (pdhal yg ngelirik seh banyak pak….)
    huehehehe…… just kidding….

    to Dewi

    menurut penerawangan saya yang para”tidak”normal begitu Bu..
    *liat aja dandanan saya😆 :mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  26. noonathome
    Juni 2, 2008 pukul 9:24 am

    Wah, saya telat nih. Baru kali ini berkunjung. Selamat atas blognya ya….

    to Noonathome
    Gak papa… Makasih dah mau mampir.

  27. Juni 2, 2008 pukul 10:32 am

    Ada baiknya dipertimbangkan kembali kecanduan menulis (ngeblog). Sebab, itu melanjutkan perintah Allah pada ayat pertama, menunaikan tugas Rasulullah belajar ilmu dan mengikat ilmu, tugas kemanusian berbagi, dan seterusnya. Menulis juga melawan diri, mengenyahkan malas, alasan, dst. Tidak sembarangan orang mampu mengatasinya he he. Perlu pengorbanan. Salam.

    to Par Ersis Warhamsyah Abbas
    Benar Pak. Mudah-mudahan saya semakin rajin nulis, juga yang lainnya. Salam

  28. Juni 2, 2008 pukul 1:09 pm

    *lirik nama2 yang di link*

    weleh….
    nama presty g ada😦

    (emang siapa gue?:mrgreen: )

  29. Juni 2, 2008 pukul 1:10 pm

    owh, ternyata emang baru mampir pertamax ke sini..
    :mrgreen:😆

    salam kenal aja ya, pak…🙂

  30. Juni 2, 2008 pukul 1:11 pm

    pantes si hangga nge-link blog bapak 2x, ternyata dia mo pamer klo di postingan ini namanya di sebut2 sebagai…:mrgreen:

    ck ck ck..
    dasar hangga..
    *geleng2*😀

  31. Juni 2, 2008 pukul 1:13 pm

    eh, dah hattrick, to?
    *sok g nyadar gitu*😆😆😆

    misi, pak..
    maaf baru bertamu udah ngerusuh..

    to Presty Larasati
    salam kenal balik mbak Presty.
    Gak papa kok rusuh di sini, tambah rame…😆:mrgreen:

  32. Juni 2, 2008 pukul 3:24 pm

    ayo semangat ngeblog!

    (^_^)v

    to Farijs Van Java
    Semangat!

  33. GiE
    Juni 2, 2008 pukul 4:30 pm

    Hidup blogger! ^^

    to GiE
    Hiduuppp!!!!

  34. Juni 6, 2008 pukul 1:03 pm

    Pak guru ini tau betul bagaimana memanjakan teman-temannya, hehe…

    Terus belajar, Pak! Buat yang lain, salam kenal.

    Terima kasih,
    Edu.

    to Edward Lontah
    Yap..terus belajar!
    Makasih balik Ed!

  35. Juni 7, 2008 pukul 4:31 am

    Asslam’alaikum pak.

    Saya baru belajar bikin blok pak. Jadi isinya masih semrawut. Belum sempat nulis2. Ajari la pak. Kita bagi2 ya pak. Saya belajar blog asli dari buku. Makasih…………………………

    to Faiz
    Sama-sama belajar berarti ya..
    Untuk nulispun saya masih harus banyak belajar

  36. Juni 7, 2008 pukul 3:14 pm

    Wah, ternyata nama saya juga tercantum. Sebenarnya tidak teralu pantes sih, mengingat saya seorang pendatang baru di dunia blogger.
    Tetep semangat nulis ya, Pak Guru…

    ===================
    to Nastanesha
    Sama-sama baru Nes..😀

  37. Fitri
    Juni 8, 2008 pukul 9:44 am

    ajarin bikin blog donk..
    he..he..he..
    jangan diketawain ya…
    kayaknya dibandingkan pak suhadi, aku telat banget..
    tapi mending telat dari pa nggak sama sekali kan..???

    ===================
    to Fitri
    Akhirnya….
    Siapa yang ngetawain..?
    Buka email kamu, aku dah kirim e-book sederhana untuk bikin blog di wordpress
    Kalau udah jadi blognya kabari aku

  38. Juni 10, 2008 pukul 5:20 pm

    hehehe nama ku ternyata ada di absen:mrgreen:

    Trus kalau saya mau lihat tulisan-tulisan keren, maka saya akan pergi ke blognya Lainsiji yang benar-benar beda gayanya

    tulisanku keren???😳
    ah pak suhadi bisa aja…
    *ditimpuk massa*

    bener2 beda gayanya??? towew..we..wenggg
    mangnya gaya saya gimana pak, kok bisa beda?
    *matut2 di cermin… ngeliat jins belel yang udah pudar plus sendal jepit… hmmm…*
    😆😆

    anw.. makasih dah dimasukkan dalam absenannya pak

    =======================
    to Lainsiji
    Beda pokoknya…
    Kamu kalau nulis untuk tujuan serius, hasilnya………BAGUS!
    Kalau nulis sambil memasukkan canda-an, hasilnya……..OKE!
    Apapun yang kamu tulis, menunjukkan intelektualitasmu yang juga……..HARUS DIACUNGI JEMPOL!

  39. cikalie
    Juni 11, 2008 pukul 1:16 pm

    salam kenal nih Pak !!!
    pengen juga tuh aku di masukin dalam dalam daftar absensinya pak guru..
    tapi sayang ya.. so aku baru liat blognya hari ini..
    emang sih aku kenal internet baru kemarin. tapi ga masalahkan terlambat ???
    sekarang juga lagi belajar bangun rumah.
    hehe…

    yg lagi belajar bikin blog…

    =====================
    to Cikalie
    Ntar tak absen juga kalau Anda dah bikin blognya n kasih tau alamatnya, OK?

  40. cikalie
    Juni 13, 2008 pukul 7:22 pm

    hehe…. blog sih dah punya tuh pak! tapi blum bisa disebut rumah, masih gubuk tuh….
    klo ke gubukku minta sarannya dong pak!!!
    eh.. tapi boleh ngga’ aku ikutan jadi muridnya pak suhadi nih?

  41. Juni 21, 2008 pukul 12:43 pm

    salam, ternyata nge-blog juga bisa buat dakwah bil-kitabah

  42. Oktober 21, 2008 pukul 2:35 pm

    makna yang diraih dari ngeblog selain simbol kemelekan teknologi juga media pengumuman manifestasi jiwa……!

    ma kasih kang Suha….ane dah di absen….aku hadir pak guru !!

  43. November 17, 2008 pukul 6:11 pm

    Wah, pak suhadi rajin banget nulisnya. Trus tulisannya juga tambah asyik buat dibaca.

  44. November 27, 2008 pukul 1:07 am

    kunjungan tengah malam bangget…
    salam kenal kang dari INDONESIA CRYING…
    kang, ikut baca-baca ya…..blognya bagus….

  45. eko
    Januari 28, 2009 pukul 1:09 pm

    salam kenal lagi dengan eko

    sukses buat kita semua

  46. okta
    Februari 25, 2009 pukul 6:01 pm

    aq tertarik sich ngeblog tp ksian dech gue,soalnya blom ngerti.kmrn2 gaptek sich………

  1. Juni 1, 2008 pukul 11:37 pm

Tinggalkan Balasan

