Beranda > bahan bacaan > Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru


Pada tahun 2009, telah diterbitkan Permennegpan dan Reformasi Birokrasi nomor 16 tetang pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) untuk guru. Apa sebenarnya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk guru itu? Tulisan kali ini akan mengulas tinjauan umum tentang hal tersebut.

Upaya untuk mencapai visi pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif memerlukan perhatian khusus pada guru sebagai tenaga profesional yang mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam hal ini. Profesi guru dipandang perlu untuk dikembangkan sebagai profesi bermartabat sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang tentang Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2005.

Salah satu konsekuensinya, maka jabatan guru sebagai profesi memerlukan pembinaan dan pengembangan secara berkelanjutan.program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dianggap sebagai salah satu sistem yang dinilai akan dapat membantu mewujudkan terbentuknya guru-guru profesional. Berdasarkan permennegpan dan reformasi birokrasi nomor 16 tahun 2009 di atas, pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya.

PKB pada tahun 2012 nanti merupakan salah satu komponen pada unsur utama yang pada kegiatannya akan diberikan angka kredit selain (a) Pendidikan; (b) Pembelajaran/Bimbingan; dan (c) penunjang.

Ada 3 (tiga) unsur kegiatan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan, yaitu:

  1. Pengembangan Diri, meliputi: (a) mengikuti diklat fungsional; dan (b) melaksanakan kegiatan kolektif guru.
  2. Publikasi Ilmiah, meliputi: (a) membuat publikasi ilmiah hasil penelitian; dan (b) membuat publikasi buku
  3. Karya Inovatif, meliputi: (a) menemukan teknologi tepat guna, (b) menemukan/menciptakan karya seni; (c) membuat/memodifikasi alat pelajaran; (d) mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya.

Ini tulisan yang juga cukup bagus tentang PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)

Tulisan ini dibuat dengan mengacu pada buku PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU, Buku 4 Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Angka Kreditnya yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan tahun 2010. www.bermutuprofesi.org

About these ads
  1. Drs. PUDJIANTO, M.Pd
    Desember 17, 2011 pukul 5:12 pm

    makasih infonya moga sukses

  2. Agustus 9, 2012 pukul 3:34 am

    Assalamu’alaikum, pak suhadi. semoga selalu baik dan sehat. PKB belakangan ini memang sedang menjadi “trending topic” di kalangan rekan sejawat, pak.

  3. Nanang Yunan Suroso
    September 2, 2012 pukul 10:08 am

    Suhadi~sensei, alhamdulillah saya bisa menengok blog sensei. Banyak sekali inspirasi yang bisa mengembangkan keprofesian saya sbg pahlawan tanpa tanda jasa. Saya pernah menulis artikel yang berhubungan dengan PKB. Judulnya : BMW dan Sertifikasi Guru. Esensinya adalah bahwa karya guru akan mengangkat derajat guru dan mengajar adalah belajar ( Oshieru koto wa manabu koto desu / Teaching is learning).

  4. basor suhada
    September 19, 2012 pukul 3:49 pm

    Tambahan, Pak Suhadi. PKB dilaksanakan berdasarkan PKG atau untuk pertama menggunakan evaluasi diri. dari hasil evaluasi diri. Evaluasi diri merupakan proses penilaian diri tentang penguasaan kompetensi berdasarkan permenpan 16/2009, diharapkan koordinator PKB di sekolah bisa menyiapkan kegiatan-kegiatan yang dapat membantu pengembangan kompetensi yang dinilai masih kurang berdasarkan evaluasi diri. MGMP mata pelajaran akan sangat membantu. Untuk itu disarankan setiap sekolah atau Kota/kabupaten mengaktifkan kegiatan MGMPnya masing-masing. MGMP dnegan dinas atau LPMP bisa bekerjasama untuk melaksanakan diklat teknis… sedikit bertanya? sudahkan teman-teman guru di Amuntai melakukan evaluasi diri? kalau belum, secepatnya lakukan, karena tahun 2013 rencananya akan dimulai dilakukan Penilaian Kinerja Guru. Ini buku pedoman dan instrumen untuk PKG dan PKB.. tolong dishare dengan teman-teman di AMuntai… : http://www.divshare.com/download/19424024-28b

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: