Beranda > Uncategorized > Pantun Menyambut Bulan Puasa

Pantun Menyambut Bulan Puasa


Pergi ke pasar membeli mangga

Dibuat sambal segar rasanya

Beberapa hari lagi kan tiba

Puasa Ramadhan rukun ketiga

 

Ke pasar pagi bersama bunda

Berjumpa wak haji tanpa sengaja

Segera berbuka bila waktu tiba

Sunah dengan yang manis rasa

 

Sambal mangga berkawan kalangkala

Dimakan saat sahur bikin selera

Perbanyak sedekah bulan puasa

Bertadarus Al Quran pergiat pula

 

Burung terbang berkawan lima

Hinggap tiga ditembak dua

Islam agama mudah untuk umatnya

Boleh tak puasa bila sakit atawa renta

 

Burung hinggap di dahan mangga

Diincar pemburu dengan pulutnya

Allah tak pernah menyulitkan hamba

Hamil-menyusui boleh tak berpuasa

 

Bila punai terkena getah nangka

Tak bisa bergerak walau bagaimana

Tahukah anda hikmah puasa

Ialah tanda syukur kita kepadaNya

 

Pohon mangga lebat buahnya

Tumbuh di dekat pohon kenanga

Mari kita berlomba bersama-sama

Meningkatkan taqwa lewat puasa

 

Buah kalangkala khas rasanya

Buah hutan yang sudah langka

Banyak sekali hikmah puasa

Di antaranya sehat jiwa dan raga

 

Belajar berpantun

About these ads
  1. Agustus 27, 2008 pukul 7:38 am

    pertamax lagi!!

    itu dulu, ya suhu?

    *mau ngarang pantun juga*

  2. Agustus 27, 2008 pukul 7:39 am

    Jual pita berwarna biru
    dibawa jalan naik kereta
    Jaga kata dan laku
    bulan puasa sudah didepan mata
    :-)

  3. Agustus 27, 2008 pukul 7:52 am

    sebelum puasa berniat dengan kokohnya
    supaya selama bulannya amalan tak ternoda
    kalau selama puasa bisa nahan rokoknya
    kenapa abis bulannya, gak bisa tahan digoda?

    buka pake sambal teri bisa nambah nasinya
    nasinya anget-anget, hmm… tambuah ciek!
    walaupun sakit hati susah ngobatinnya
    tapi bulan puasa udah deket, dimaapin kali ye…

    ini puisi maksa, tapi dilarang protes!
    kan saya udah minta maap…

  4. Agustus 27, 2008 pukul 8:00 am

    *balik lagi penasaran*
    minta maapnya kudu pake pantun juga neh.

    makan sahur jangan pake pelepah kates (iya kali, mosok pelepahnya?)
    ntar buka puasa makannya gak lahap
    biar pantun saya maksa gak boleh protes
    kan dari awal saya udah minta maap

    menjalankan ibadah puasa mustilah konsen
    saya sadar nih udah kebanyakan komen…

  5. Agustus 27, 2008 pukul 8:59 am

    Saya gak bisa main pantun, Pak…
    Mohon maaf atas segala kesalahan, semoga bisa menuntaskan ibadah puasa dengan tanpa halangan sama sekali….

  6. Agustus 27, 2008 pukul 10:13 am

    marhaban ya ramadhan..
    sucikan hati menjelang bulan ramadhan.
    maaf lahir dan batin :D

  7. Agustus 27, 2008 pukul 11:12 am

    selamat berpuasa semoga kita dapati hikmah dan manfaatnya
    saling mendoa dan bersilaturahmi di keakhiranya

  8. Agustus 27, 2008 pukul 11:14 am

    Marhaban ya ramadhan……. bulan yang penuh hikmah

    maaf lahir bathin ya pak bila saya punya salah

  9. Agustus 27, 2008 pukul 11:47 am

    pantun yang bagus dan mencerahkan, pak suhadi. semoga kita sanggup menyambut kehadiran bulan suci dengan kebeningan dan kejernihan hati. selamat menunaikan ibadah puasa, pak, mohon maaf lahir dan batin.

  10. Agustus 27, 2008 pukul 11:50 am

    Pergi makan, besok lusa…
    Selamat menjalankan ibadah puasa…

    Pak Suhadi Yth, meski saya seorang Katolik akan tetapi sudah menjadi kewajiban saya untuk mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa bagi Anda dan keluarga.

  11. Agustus 27, 2008 pukul 2:33 pm

    semoga pantun ini tertananm dihatiku.. :)

  12. Agustus 27, 2008 pukul 3:44 pm

    jalan-jalan ketanah abang
    beli baju dibawa pulang
    siang hari jangan meleng
    bulan puasa sudah menjelang

  13. Agustus 27, 2008 pukul 7:49 pm

    hahah SELAMAT RAMADHA DAN MOHON MAAAF LAHIR BATHIN PAK….

  14. Agustus 28, 2008 pukul 12:50 am

    Ada apa dengan 3 buah itu, Suhu? Mangga, kalangkala, dan nangka? Kenapa hanya 3 buah itu saja? Dan mangga itu, kenapa jadi mendominasi? Suhu sedang ngidam? Huehehehe… becanda.

    Ah-ah-ah… Aku tak pandai berpantun. Sedap memang menikmati yang mendayu-dayu begitu. Tapi aku tak begitu pandai.

    Nah-nah. Aku mohon maaf lahir batin ya, Suhu. Siapa tau ada salah-salah komen. Selamat menunaikan ibadah puasa…

  15. Agustus 28, 2008 pukul 10:37 am

    hi hi pantun model baru ya pak. biasanya pantun persajakannya abab, tapi punya pak suhadi rimanya aaaa semua.

    o ya, saya mau berpantun juga ya…

    ingin tips menulis cari blog pak ersis
    blog pak sawali panduan berbahasa
    ingin godain cewek yang manis
    apa daya sedang berpuasa.

    ok pak suhadi. selamat menjalankan ibadah puasa.

    in

  16. Agustus 28, 2008 pukul 10:41 am

    Sabut Ramadhan dengan cinta :)
    Semangat ya Pak :)

  17. Agustus 29, 2008 pukul 4:50 pm

    selamat ramadhan ya akhi…

    ramadhan mubarrak… :)

  18. Agustus 30, 2008 pukul 1:22 pm

    wah bagus mas………….mohon maaf atas segala kesalahnku ya.
    semoga ramadhan ini lebih baik dari kemaren. Amin :)

  19. Agustus 30, 2008 pukul 10:14 pm

    Selamat Berpuasa ya akhi….Semoga ramadhan kali ini lebih baik daripada yang lepas….

    —————————–
    Kalam Abu Musaddad

    http://ibnismail.wordpress.com

  20. Agustus 31, 2008 pukul 7:42 am

    Salam

    Permaisuri pakai tiara
    Sang Raja tersenyum lega
    Sambut ramadhan dengan gembira
    Beribadah penuh pahala

    ..Mohon maaf Lahir bathin Pak..

  21. Agustus 31, 2008 pukul 4:40 pm

    slmt sore,pak Hadi.
    langitjiwa mengucapkan smlt menunaikan ibadah puasa.
    mhn maaf lahir dan bathin

  22. September 6, 2008 pukul 3:47 pm

    Bentar lagi buka nih, Pak.
    Saya mhon maaf ya kalo ada salah… :D

  23. sandra
    Juni 10, 2009 pukul 4:52 pm

    untuk anak-anak mana.kok nggak ada

  24. Agustus 19, 2009 pukul 11:46 am

    MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN
    SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA

  25. Agustus 19, 2009 pukul 11:48 am

    cihuy….ramadhan datang
    selamat puasa ya….

  26. amriyadi
    Agustus 21, 2009 pukul 7:33 pm

    jalan2 ke kalibata
    asiiiiiiiiiik
    bulan puasa sudah tiba…..

    buah mangga buah pepaya
    ngx terasa sudah bulan puasa
    kalau ada kesalahan saya mohon di ma’afin yaaaaaaaaaaaa….

    anak monyet ketiban mangga
    matiiiiiiiii anak monyet
    waaaaaaaaaaa kasian
    di bulan puasa mati nya pasti masuk surga…………he he he .
    ..:)
    L:)>)

  27. Natasya
    September 8, 2009 pukul 5:58 pm

    eh pantunnya gak nyambung sewmua

  28. Natasya
    September 8, 2009 pukul 5:59 pm

    leeeeeeeeeeeeee pantunya mak aneh saya jadi benging

  29. harith
    September 9, 2009 pukul 4:45 am

    bulan puasa adalah raja bagi segala bulan.jadi puasa biar penuh jangan ponteng.kalau ponteng berdosa.betul… betul… betul…

  30. Maret 16, 2010 pukul 4:03 pm

    pantun nya bagus saya suka kamu bisa banget yah bikinnya saya oleh kan unyuk di rental OK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  31. andhika
    Juli 7, 2010 pukul 11:06 am

    Ambil kelapa dengan galah
    Galah disambung pakai tali
    Maafkan segala khilaf dan salah
    Di 1 Syawal hari yang fitri

  32. zakaria ahmad
    Juli 25, 2010 pukul 9:53 pm

    pergi ketempat pacar harus dandan
    jangan sampai bau badan
    dikit lagi kita bulan ramadan
    do’ain yah smoga lancar

  33. anggi puspita sari
    Juli 26, 2010 pukul 7:27 pm

    mlaku mlaku nang batu
    ojo lali tuku apel
    surenono rambutmu
    ben ora kempel

  34. yohandria febi ayu s.v.
    Juli 26, 2010 pukul 7:32 pm

    jalan jalan ke pasar senin

    jangan lupa membeli mangga

    jadi orang jangan suka main main…

    kalau maw masuk surga…….

  35. suswanto
    Juli 28, 2010 pukul 6:30 pm

    Asss. salam kenal .terima kasih .saya izin memakai pantun bapak untuk menambut ramadahn tahun ini

  36. suswanto
    Juli 28, 2010 pukul 6:31 pm

    Ass.salam kenal

  37. Juli 30, 2010 pukul 10:07 am

    CINTA datang tanpa di duga,
    KASIH SAYANG datangnya tanpa terasa,
    HATI berkata tanpa dusta,
    “datangnya bulan RAMADHAN adalah RAHMAT, marilah kita menyambut BULAN ini dengan CINTA dan KASIH SAYANG….”

  38. Agustus 2, 2010 pukul 12:57 pm

    Kekota jakarta hari selasa
    Pulang pergi naik kereta
    Beberapa harikan kita puasa
    mohon maaf kalo ada salah kata

    marhaban ya ramadhan

  39. shafrizal
    Agustus 3, 2010 pukul 7:38 pm

    Berharap padi dalam lesung,
    yang ada cuma rumpun jerami,
    harapan hati bertatap langsung,
    cuma terlayang KAta kata ini.
    Sebelum cahaya padam,
    Sebelum hidup berakhir,

    Sebelum pintu tobat tertutup,
    Sebelum Ramadhan datang,
    saya mohon maaf lahir dan bathin untuk semuanya…… :) :) :)
    Marilah kita sambut BUlan SuCi RAMADHAN dgn hati yg GemBiRa..

  40. evan vj
    Agustus 5, 2010 pukul 10:47 pm

    ondehhhhhhhhhhhhhhhhhh
    ndak taraso se bulan puaso ko tibo doh ha…..
    selamat menunaikan ibadah puasa ya…………..
    slm knal………

  41. SARAH G
    Agustus 6, 2010 pukul 5:45 am

    KULLUNGAM WAANTUM BIKHOIR,KULLU SANAH SEMUANYA BAIK,MET MENJALANKAN BULAN PUASA BULAN YG PENUH RAHMAT….

  42. alizainal
    Agustus 6, 2010 pukul 10:05 pm

    Sungguh indah pintu dipahat,
    burung puyuh diatas dahan,
    kalau hendak hidup selamat,
    taat selalu perintah Tuhan,

  43. andhika fahmy
    Agustus 9, 2010 pukul 11:30 am

    Anak melayu mengail ikan,,
    Perahu berlabuh di tengah lautan,,
    Sambil menunggu datangny ramadhan,,
    Pesan maaf saya sampaikan…
    “Minal Aidzin Walfa Izin Mhon Maaf Lhir & Batin”

  44. dheat
    Agustus 9, 2010 pukul 11:40 am

    bangun pagi gda kopi
    gak terasa rmadhan datang lgi
    abis bangun terus Mandi
    eggh gk terasa Udah puasa lagi
    abis dengeri music rock n roll
    toek temen2x Maafin gw yaa …
    maksa pisand puisinya ^_&

  45. Metz
    Agustus 9, 2010 pukul 11:44 am

    jalan di pagi hari
    sembari cuci Mata biar bersih
    gak terasa puasa dtng Lagi
    sembari kuatkan diri

    meroko’y behenti
    bercumbu’y berhenti
    coli apha lagi …

    gkgkggkgkggkgkgkggkkgkkk
    …………..stop war

  46. Agustus 9, 2010 pukul 11:50 pm

    g bisa nulis apa2 ,, cuma mw plagiat aj .. kalee aj ad tg bagusss …
    ^_^

  47. Agustus 10, 2010 pukul 10:00 am

    Wah..wah..wah..panyunya bagus2 bangettt..!!!

  48. Agustus 10, 2010 pukul 12:12 pm

    CINTA datang tanpa di duga,
    KASIH SAYANG datangnya tanpa terasa,
    HATI berkata tanpa dusta,
    “datangnya bulan RAMADHAN adalah RAHMAT, marilah kita menyambut BULAN ini dengan CINTA dan KASIH SAYANG….”

    jalan2 ke kalibata
    asiiiiiiiiiik
    bulan puasa sudah tiba…..

    buah mangga buah pepaya
    ngx terasa sudah bulan puasa
    kalau ada kesalahan saya mohon di ma’afin yaaaaaaaaaaaa….

    anak monyet ketiban mangga
    matiiiiiiiii anak monyet
    waaaaaaaaaaa kasian
    di bulan puasa mati nya pasti masuk surga…………he he he .
    ..:)
    L:)>)

  49. agung
    Agustus 10, 2010 pukul 1:53 pm

    ada raksasa beli Pulza,,
    gag terasa bsx Puasa,,

    Burung Kakak Tua hinggap di Jendela,,
    jangan lupa perbanyak pahala,,

    buah pepaya di makan Jerapah,,
    maaf’in saya ya jika punya salah,,

    Marhaban y Rhamadhan,,,

  50. adi
    Agustus 10, 2010 pukul 9:49 pm

    pohon kelapa tinggi batangnya,dipanjat orang untuk berbuka…,aduh segar pelepas dahaga…jangan lupa berpuasa ya….ha…ha…ha…

  51. Agustus 20, 2010 pukul 4:12 am

    Ada Buaya Beli Plsa,eh gaq kerasa besok puasa,,,,,

  52. Agustus 20, 2010 pukul 4:15 am

    ada orang lewat kandang kambing,
    terus kambingxa xolot,ih buset tuh orang sombong amet ama temen xa yg xolot,,,,,????
    ha ha ha ha ha

  53. Juli 20, 2011 pukul 6:47 pm

    MAKAN ROTI SAMBIL BERLARI

    SUCIKAN HATI

    BERSIHKAN DIRI :D

    SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1-AGUSTUS-2011

  54. rahma fitri pakaya
    Juli 21, 2011 pukul 10:40 am

    Kalau hidup tanpa tujuan,
    kalau nafsu jadi pedoman,
    umur habis dalam pencarian,
    kebahagiaan menjauh dari pandangan.
    Puasa saatnya benahi tujuan,
    untuk mengabdi pada Tuhan,
    agar diri diliputi kebahagiaan,
    hidup bermakna bagi sesama ciptaan

  55. Juli 23, 2011 pukul 10:48 am

    mkan, buah mngga pakee sasa <<>>>alpinn nmuu pakuu djlann raya maaffinn ksalhhnn aqu yah<<olga sma afgann prgii ke mekahh smoga bulan RAMADHAN<<.nhii bulan ygg pnuhh brkah<<da da kaca pribhasaany cermin <<< yahdh lahh aminn<<<,, hehheheheh<<< :) :) :) :) :)

  56. Juli 27, 2011 pukul 4:57 pm

    achoey sang khilaf :
    Sabut Ramadhan dengan cinta
    Semangat ya Pak

  57. Juli 28, 2011 pukul 4:01 pm

    jalan-jalan ke sungi buayo
    pegi pagi baleknyo luso
    perasaan baru kemaren kito cerito
    dak teraso tigo ari lagi kito puaso

  58. ayuIzumi
    Juli 30, 2011 pukul 1:48 pm

    kapanpun lebarannya,ucapannya: taqaballahu minna wa minkum minal wal faizin.. mohon maaf lahir dan batin

  59. genk_ibanez
    Juli 31, 2011 pukul 3:33 pm

    ke jamaica naik vespa, liet bob marley ngisep ganja. .
    gak terasa sebentar lg mo puasa, minta mav y klo banyak dosa. .
    hehhhe :)

  60. Puisi'a cma stu yg bgus
    Agustus 1, 2011 pukul 12:57 pm

    Smoga bsa lebih banyak lgi yg nyambung

  61. cangcutberpita087879985811
    Agustus 2, 2011 pukul 11:56 am

    Bob marley anak jamaika….
    kerjaan ny ngisep ganja…..
    bentar lg mu puasa,,,
    maap kan segala khilaf&DOSA…
    ***MARHABAN YA RAMADHAN

  62. Agustus 21, 2011 pukul 2:49 am

    menarik sekali pantun puasa ni, saya petik beberapa pantun buat titipan di http://pan-tun.blogspot.com/2011/08/koleksi-pantun-menyambut-puasa-di-bulan.html
    terima kasih

  63. mukler tanjung
    Juli 10, 2012 pukul 2:55 pm

    tanjung katung airnya biru tempat anak mencari ikan ramadhan datang di hari rabu salah dan silap mohon dimaafkan

  64. Juli 13, 2012 pukul 2:46 pm

    semuanya minal aidhin walfaidzin ya…. mohon maaf lahir dan batin

  65. husna amalina
    Juli 17, 2012 pukul 2:02 pm

    ramadhan telah tibaa…

  66. alfira puthri utami
    Juli 17, 2012 pukul 4:09 pm

    wa…. bulan ppuasa entar gi nih…….gimana yyyyyy

  67. Angga Clalu Krenz
    Juli 19, 2012 pukul 10:44 am

    mAAF yE gW GX BSA PANTUN

    Gw mau ucapin selamat bulanpuasa

  68. bayu
    Juli 20, 2012 pukul 9:23 am

    ke jamaica naik vespa
    liat BOB Marley lagi ngisep ganja
    gak terasa besok bulan puasa
    saya sekluarga minta maaf sebesar-besarnya

    #marhaban ya ramadhan#

  69. Naya
    Agustus 2, 2012 pukul 10:23 pm

    Bulan Ramadhan akan berakhir
    Orang orang memburu banyak pahala
    Rajin rajinlah kau belajar
    Agar bisa menjan penerus bangsa
    soryyy kalo q gak bisa buat
    jadinya jelek Thank you

  70. zahra
    Agustus 11, 2012 pukul 6:56 pm

    selamat hary raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin …
    mohon d maaffin yach …

  71. Mei 12, 2013 pukul 10:48 am

    Ke Kota Jakarta hari selasa
    Pulang pergi naek kereta
    Sebentar lagi kita puasa
    Mohon maaf bila ada salah kata

  72. Juni 19, 2013 pukul 1:01 pm

    karna apa binasa papan
    kalaubukan karnapaku
    karna apa binasa badan
    kalau bukan karna laku

  73. Juni 20, 2013 pukul 1:24 am

    buah pepaya temen nya markisa, ngga terasa ya sebentar lagi puasa :D

    anak alay lagi bergaya anak metal ga mau kalah, maafin saya ya kalo saya punya salah :D

    pak yogi lagi mendaki tiba tiba sampe di bulan, kalo lebaran dapet rezeki jangan lupa bagi saya ya kawan :D
    hehehehe~

  74. Juni 27, 2013 pukul 10:59 am

    WOW bagus bagus banget pantunya … :)

  75. reno
    Juli 6, 2013 pukul 4:55 am

    kembang melati sungguhlah indah,
    di tengah taman jadi hiasan,
    harum ramadhan tercium sudah,
    salah dan khilaf mohon di ma’afkan…

    makan roti sambil berlari,
    bersihkan hati,
    sucikan diri…

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: