Beranda > Makalah PTK > Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SMPN 4 Danau Panggang melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments)

Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SMPN 4 Danau Panggang melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments)


kooperatif-tgt.jpg

Oleh: Suhadi (Guru SMPN 4 Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan) 

Abstraks

Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SMPN 4 Danau Panggang melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) adalah sebuah penelitian tindakan kelas (PTK). 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berhasilnya peneliti (guru) mengajar dalam pembelajaran bersetting kelompok. Pada pembelajaran brsetting kelompok konvensional-tradisional, yang dialami oleh peneliti justru dapat merusak minat dan motivasi siswa. Siswa pandai cenderung mendominasi kelompok belajarnya karena tidak mempercayai teman sekelompoknya. Mereka dapat pula bersikap sebaliknya, cuek dan malas sebagai akibat merasa dirugikan oleh pembelajaran bersetting kelompok karena mereka akan bekerja keras untuk kelompoknya sedang siswa yang kurang pandai akan ikut memperoleh hasil kerja kerasnya.Jika dilihat dari siswa yang kurang pandai, mereka cenderung menjadi terpinggirkan, rendah diri, dan pasif, karena seringkali pendapat-pendapat mereka tidak diakomodir  oleh siswa-siswa yang lebih pandai. Untuk mengatasi masalah ini peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournaments) dengan sistem penilaian mengacu pada kinerja kelompok dan kinerja individu dalam kontribusinya terhadap kinerja kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar, serta hasil belajar biologi siswa kelas II SMPN 4 Danau Panggang melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT.

Penelitian dilakukan di SMPN 4 Danau Panggang pada siswa kelas II yang berjumlah 13 orang dari Bulan April  sampai Mei tahun pelajaran 2005/2006. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahapan (1) perencanaan; (2)tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata ulangan harian sebelum tindakan pada siklus 1 adalah 6,92. Setelah tindakan siklus 1, skor rata-rata ulangan harian adalah 7,19 dan setelah tindakan siklus 2, skor rata-rata ulangan harian adalah 7,23.

Sedangkan skor minat dan motivasi yang diukur dengan menggunakan angket model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) juga menunjukkan keberhasilan model pembelajaran ini.

CONTOH RPP, CONTOH PERMAINAN (GAME), ANGKET MINAT DAN MOTIVASI dapat dilihat DISINI YA…SILA KLIK

bacaan menarik lainnya? baca di sini

Download Ebook: Karakteristik dan Tujuan Model Pembelajaran Kooperatif

About these ads
  1. Moh Badrus Sholeh, S.Pd.I
    April 5, 2008 pukul 9:08 pm

    saya minta contoh PTK nya pak

  2. rini
    April 14, 2008 pukul 9:27 pm

    Mengharap bantuan………………….
    Saya butuh tentang pengertian “minat belajar” secara teoretis serta sembernya / sumber referensinya….
    Tolong tolong tolong tolong tolong…………..
    Bagi yang menemukan pengertian minat belajar, tolong ya kirim ke email > rinie_dunks@yahoo.com

    to Rini
    kata minat sinonim dengan kata
    interest dan kata proclivity

    interest : a state of wanting to learn or know about something

    proclivity : a natural tendency to do something

    (Sumber : Oxford Advance Learner Dictionary)

    Yang lain mungkin ada yang bisa mbantu?

  3. April 17, 2008 pukul 12:12 pm

    Boleh saya minta hasil laporan PTK-nya pak? Terima kasih

  4. jaimudin
    Mei 18, 2008 pukul 2:20 pm

    Pa tolong kirim contoh PTK yg lengkap, bila perlu lampiran2nya. Saya pengen bisa buat PTK, please pa guru.

  5. jaimudin
    Mei 18, 2008 pukul 2:23 pm

    ini nih alamat emailna jaimudin@gmail.com

  6. Mei 20, 2008 pukul 11:19 am

    pak, tlg beri contoh penelitian ttg PTK khususnya TGT yg lengkap ya pak,, saya sedang mengajukan proposal penelitian ttg PTK. terimakasih…
    e-mail saya cherry_bee009@yahoo.co.id

  7. eko
    Mei 20, 2008 pukul 9:51 pm

    posting lengkap nya mana ya..?
    aku pengen baca juga dong

  8. Juni 3, 2008 pukul 4:13 pm

    saya ingin mempelajari PTK namun saya belum menemukan contoh yang pas, tolong pak ya saya dikirimi, terimakasih mudahmudahan menjadi amalan yang baik

    ============
    to Latif
    Coba cari di http://jurnaljpi.wordpress.com/ atau di http://ptkguru.wordpress.com/ atau di http://fromlearningtoteaching.blogspot.com/

  9. Elvida
    Juni 10, 2008 pukul 12:40 pm

    saya tertarik untuk meneliti mengenai minat belajar siswa, tp belum punya angket yang dapat dipakai untuk menilai minat tersebut. tolong kirimkan angket buat minat pak.
    terimakasih

    ==================
    to Elvida
    saya baru upload angket minat dan motivasi Bu…cek aja ya di blog ini ada kok

  10. marni
    Juni 15, 2008 pukul 11:29 am

    Pak saya tertarik untuk melakukan PTK tentang minat belajar Matematika siswa SD Kelas III melalui pembelajaran kooperatif teknik STAD. Saya sudah rancang angket minat belajar matematika, tetapi masih salah. Saya minta tolong dikirimkan angket minat belajar ke email saya mharnee_doank@yahoo.com. Tolong banget ya pak. Terima kasih sebelumnya.

    ===========================
    to Bu Marni
    download di sini aja Bu ya… angket untuk mengukur minat dan motivasi belajar siswanya: http://suhadinet.wordpress.com/2008/06/14/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-tgt-silakan-download/

  11. Kgs.M.Husin
    Juli 9, 2008 pukul 4:48 pm

    saya guru SMPN 2 TANJUNG RAJA OGAN ILIR SUMATERA SELATAN INGIN MELAKUKAN PTK MODEL TGT TOLONG KIRIMI CONTOH HASIL LAPORAN MILIK BAPAK TERIMA KASIH ATAS KERJASAMANYA.

  12. Juli 13, 2008 pukul 9:31 pm

    saya minta masukan skripsi tentang PTK (pembelajaran berdasarkan masalah)…
    pliiiiiiiiiiiiiissssssssssssssss
    susah banget nehhhhhhhhh

  13. reatheryan
    Juli 21, 2008 pukul 7:20 pm

    Hmm… para guru di sekolah wajib baca!!!!

  14. September 5, 2008 pukul 11:51 am

    asw. bagus p.lah tulisannya. perlu belajar banyak ulun masalah ptk

  15. September 9, 2008 pukul 5:26 am

    kami masih membutuhkan bimbingan bagaimana cara-cara menyusun PTK yang baik.
    Dan kalau bisa tolong dikirimkan contoh PTK Bapak yang telah di buat, terima kasih !

  16. fitri
    September 17, 2008 pukul 1:09 pm

    Dari segi efisiensi waktu, model TGT menyita waktu kan pak?

  17. ilmi
    Oktober 15, 2008 pukul 5:14 am

    1). anda menggunakan kartu destinasi dalam turnamen pada pembelajaran TGT, jadi penelitian itu difokuskan ke model pembeljarannya ataukah pendekatan permainan Kartu destinasinya?
    2). untuk dilakukan penelitian TGT di sekolah pada program skripsi, apakah tidak terlalu lama? dari referensi yang saya baca bisa sampai 1 bulan, dalam satu minggu hanya dilakukan penyampaian informasi (1-2) jam, kerja tim (1-2) jam, 1 jam untuk turnamen, tolong diberi penjelasan? karena Turnamentnya dilakukan perminggu, apakah turnamentnya bisa dilakukan dalam setiap 1 kali pertemuan 1-2 jam? apakah itu efektif?

    3). tolong dijawab pak? saya butuh banget penjelasannya, saat ini saya mahasiswa, yang akan meneliti tentang keefektifan TGT? dan penerapannya media aksara bermakna dalam turnamenny? tolong ya pak??

  18. ilmi
    Oktober 15, 2008 pukul 5:17 am

    oh ya pak. metode penelitian bisa dilakukan PTK atau kah Eksperiment-kontrol? jika akan dilakukan penelitian untuk skripsi

  19. ramanu
    Oktober 20, 2008 pukul 8:08 pm

    I’am agree…
    dengan TGT ,, pembelajaran menjadi PAKEM.. hanya saja para guru nya ya pa, yang kurang kreatif, dan kurang mau mengaplikasikannya di sekolah….
    (dengan alasan koler jar pa ai,, apalagi guru nang tuha-tuha sudah,,, he,he,he,he,) maju trus dunia pendidikan kita, khususnya tuk HSU….
    Tetap semangat tuk para oemarbakri,, khususnya bangi yang bertugas di pedalaman-pedalaman….

  20. rumita
    November 1, 2008 pukul 2:52 pm

    salut. Anda guru yg luar biasa.

  21. Nur rizki
    November 19, 2008 pukul 9:42 am

    Pak..saya perlu bantuan nih.saya ingin buat PTK tapi masih bingung,tolong kirim contoh PTK ya..pak,yang lengkap ya mulai dari awal sampai penelitian.thanks banget semoga segala kebaikannya dibalas oleh NYA Aamiin

  22. andriyanto
    November 19, 2008 pukul 6:52 pm

    pak guru boleh gak saya minta contoh proposal dan laporan PTK, sy mo bikin tp gak ada contoh

  23. andriyanto
    November 19, 2008 pukul 6:54 pm

    ini alamat email saya andriyan_to75@yahoo.co.id

  24. galuh anggi pratiwi
    Desember 2, 2008 pukul 9:57 am

    saya mahasiswi yang sedang dalam proses pengajuan judul skripsi. Saya ingin menggunakan model pembelajaran TGT untuk meningkatakan hasil belajar siswa. Tapi saya kebingungan mencari materi yang sesuai untuk model pembelajaran tersebut. Terima kasih

  25. basori
    Desember 5, 2008 pukul 1:50 pm

    Tolong pak saya dikirimi via E-mailku contoh PTK yang pernah bapak tulis, trims semoga kebaikan bapak dibalas Allah SWT

  26. antie
    Januari 13, 2009 pukul 10:47 am

    pak saya mau nanya gmn cara menyesuaikan wakyunya untuk tgt ini

  27. Januari 13, 2009 pukul 10:51 am

    pak minta rpp tentang TGT untuk mata pelajaran kimia pokok bahasan koloid..
    dikirim ya pak

  28. nadya
    Januari 20, 2009 pukul 11:40 am

    semoga bisa bermanfaat buat skripsi aku…

  29. Januari 29, 2009 pukul 5:32 pm

    pak, tolong kirim saya contoh ptk lengkap .terimakasih

  30. arni s. oktavia, s.pd
    Februari 5, 2009 pukul 8:00 pm

    pak, skarang lagi kerja tesis, trus lagi nyari contoh angket/kuesioner tentang minat & motivasi belajar, sayangnya program acrobat dikomputer saya lagi rusak, bisa nda mnt tlg ditampilkan di word saja dokumennya? trims sbelumnya ya.

  31. arni s. oktavia, s.pd
    Februari 5, 2009 pukul 8:03 pm

    bisa minta rpp bahasa indonesia untuk smk? trims.

  32. salamah
    Februari 6, 2009 pukul 10:41 am

    pak guru saya minta tolon nih,saya lagi mengajukan proposal untuk skripsi tentang masalah PTK model TGT untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa,pak tolong kirimkan proposal dan hasil penelitian TGT nya yah yang,saya mohon ya pak.sebelumnya terimakasih banyak.semoga kebaikan bapak dibalas oleh yang MAHA KUASA

  33. Februari 9, 2009 pukul 9:58 pm

    terimakasih pak, semoga semakin banyak referensi yang bisa digunakan sebagai tambahan pengetahuan, amin

  34. Fadhil
    Februari 11, 2009 pukul 7:44 pm

    Pak, boleh saya tahu referensi buku yang Bpk gunakan untuk membuat angket motivasi dari mana? tesis atau literatur ilimiah? bisa minta daftar pustakanya?

  35. sutarti uno
    Februari 14, 2009 pukul 7:34 pm

    pak saya mau beli buku yang anda tulis, tapi tidak ada saya dapatkan?
    bisakah kiranya anda berikan saya tempat supaya saya dapatkan buku yang anda tulis

  36. Februari 15, 2009 pukul 4:34 pm

    pak saya minta dikirim skripsi ptk matematika SD kelas III metode pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa

  37. SAFARINA
    Februari 24, 2009 pukul 7:27 pm

    Pak saya mw nanya nih! yang paling cocok untuk penelitian tipe TGT yang paling bagus Pokok bahasannya pada MP matematika disertai dengan contoh RPPnya untuk kelas VII dan VIII. atas infonya diucapkan banyak terima kasih

  38. Richy
    Maret 12, 2009 pukul 9:01 pm

    pak mohon bantuan….!!!
    saya membutuhkan pengertian minat belajar,untuk melengkapi penyusnan sripsi saya.

  39. Maret 22, 2009 pukul 4:01 pm

    tolong kalau boleh kirimi aku PTK tentang IPS ke surana_gowa@yahoo.com
    makasih atas bantuannya

  40. April 1, 2009 pukul 4:40 pm

    blognya keren mas, ikut baca nich

  41. decky.v
    Agustus 16, 2009 pukul 10:24 pm

    thanks pak…….
    saya cuman liat pengukuran minat………

  42. decky.v
    Agustus 16, 2009 pukul 10:30 pm

    maksih pak……
    blognya keren ikutan ngebuka……!

  43. September 4, 2009 pukul 9:53 pm

    Mantap……

  44. arum
    Oktober 5, 2009 pukul 3:28 pm

    saya mau tanya pa…
    saya mau meneliti tentang minat siswa sd kelas V. Dalam penelitian, bolehkah saya menggunakan angket minat untuk siswa smp kelas 1?
    Sebab saya sulit untuk mendapatkan angket minat untuk siswa sd.
    Apakah 30 item itu tidak terlalu banyak untuk siswa sd kelas V?
    terima kasih banyak….

  45. arum
    Oktober 5, 2009 pukul 3:33 pm

    mungkin jika bapak punya angket minat untuk siswa sd kelas V, mohon di kirim ya pak….
    terima kasih

  46. isman
    Oktober 8, 2009 pukul 7:39 am

    saya butuh yang lebih lengkap lagi. ada ngak…..?

  47. fe2
    Desember 17, 2009 pukul 9:46 pm

    maaf pak,, klo cntoh kuesioner motivasi belajar tapi yg untuk mahasiswa ada ga??? klo ada tlg krimin ke email sya dong pak oh y plus penilaian kuesionernya y pa thanks

  48. eny
    Desember 27, 2009 pukul 4:20 am

    mohon pak kirimkan PTK yang lengkap ke e-mail saya, untuk belajar membuat PTK, kami ingin belajar buat PTK, mohon Bapak berkenen membantu kami, terima kasih.

  49. muhamad arif
    Januari 6, 2010 pukul 4:06 pm

    pak saya sedang skripsi tentang PTK dan berhubungan dengan minat saya kesulitan tentang instrument penelitiannya mohon bantuan tentang angket minat agar saya bisa menyelesaikan skripsi saya.
    ini alamat email saya muhamad.arif83@ymail.com
    terimakasih sebelumnya

  50. Januari 13, 2010 pukul 12:37 pm

    terima kasih infonya

  51. lia
    Februari 10, 2010 pukul 4:57 pm

    pa sebelumnya makaish infonya? tapi saya mau tanya pakah angket minat belajar tersebut masih perlu di lakukan uji validitas?
    kmudian apabila sample nya itu mahasiswa masih bisa digunakan pa
    kemudian mengeni ARCS tersebut saya bisa mendapatkannyadi buku apa yah pa

  52. rahmad dianto
    Februari 20, 2010 pukul 4:50 pm

    pak bisa g tampilkan contoh angket untuk mengukur tingkat motivasi siswa kelas 5 sd?

    ==========
    @ rahmad rianto

    Kebetulan saya gak punya. Kalau yang ada di sini gak ccok untuk anak kelas 5 sd, soalnya pertanyaannya terlalu panjang dan sulit dipahami anak kelas 5 sd. Saran saya: kenapa gak coba bikin sendiri saja, Pak. Mudah kok bikin instrumen penelitian itu. Caranya, pahami teori motivasi dan karakteristik anak kelas 5 SD. Ambil poin-poin pentingnya. Bikin angketnya.

  53. evayana
    April 2, 2010 pukul 11:30 am

    pak minta tlg dong kirimkan skripsi ke almt email saya, yang pembelajaran TGT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kelas 7,teruz yang pke PTK…MAKSEE

  54. April 3, 2010 pukul 9:32 am

    aku mahasiswa yang sedang melakukan penyusunan skripsi tentang motivasi, ini mau minta bantuan cara mengukur motivasi itu apa saja

    ==========
    @ rika
    silakan download instrumen (angket) pengukur minat dan motivasi yang disadur dari Keller di sini

  55. anty
    Agustus 19, 2010 pukul 6:21 pm

    aslkum…. saya mahasiswa pasca sarjana yang mau bikin proposal tesis. kebetulan tentang TGT. saya bisa dapat materi/bahan/info tentang TGT dimana ya? kalo ada, bukunya judulnya apa n karangan siapa ya? mohon infonya,,, terima kasih.

  56. September 20, 2010 pukul 6:40 pm

    boleh tidak sy minta tolong, bgaimana cara mengukur motivasi siswa n rumusnya?

  57. fahri
    September 25, 2010 pukul 5:28 pm

    saya mahasiswa yang sedang ppl.. dan mendapatkan tugas untuk membuat PTK, jadi saya mohon bapak berkenan mengirimkan contoh ptk yg lengkap,supaya saya bisa belajar membuat PTK.
    ===================
    @ fahri
    mohon maaf, karena berbagai keterbatasan saya tidak bisa memenuhi permintaan anda.
    Saya kira, banyak sekali sumber-sumber dari internet yang bisa anda manfaatkan.
    Selamat ber-PTK.

  58. nur azizah
    Oktober 26, 2010 pukul 3:51 pm

    pak mw tny donk… td saya sempat baca ttg permainan tipe TGT, salah satunya bermain kartu yang disi dg no sesuai no pertanyaan, apakah harus membuat 2 mcm pertanyaan untuk anak tingkat tinggi dan tgkat rendah? bagaimana pengaturanya…. apa tidk kesannya deskriminasi ?? mohon dijawab y pak… thank you

  59. Aditya Dewa
    Desember 10, 2010 pukul 10:48 am

    Terima kasih,pak ats posting-annya…
    Bs mnta tlg ya lg prlu kuesioner tk mengukur minat membaca mahasiswa utk skripsi sya…
    Sya amat membutuhkannya. Terima kasih

  60. yaymi
    Desember 17, 2010 pukul 9:30 am

    pak tolong….buatin contoh angket minat n motivasi baca terhadap alqur`an.di tunggu jawabannya…trims.

  61. maman
    Maret 2, 2011 pukul 1:32 pm

    kami tidak lagi bimbingan belajar

  62. pintamins
    April 15, 2011 pukul 12:53 pm

    Salam sukses bapak, saya mau bikin ptk ttg minat siswa, tlg dong pak ya angket/kuisioner ttg Minat, tks atas kebaikan bp. sy tunggu ya pak kalo bs secepatnya email saya : pintamins@yahoo.co.id

  63. Juni 22, 2011 pukul 4:36 pm

    Minat belajar sangatlah penting bagi anak2 hingga minat belajar bagi anak usia dini wajib diterapkan

  64. maradona syam
    Maret 4, 2012 pukul 8:01 pm

    tlong di krimkan contoh,, RPP, Silabus,, Ma materi tentang Model Pbelajran TGT,, trims

  65. wiwik oganist
    Maret 22, 2012 pukul 12:57 pm

    tolong bantu, soal kuestioner and interview tentang motivasi siswa terhadap minat baca…berapa biaya adm nya.

  66. husni
    Juli 9, 2012 pukul 2:01 pm

    tolong kirimkan angket tentang motivasi belajar

  67. husni
    Juli 9, 2012 pukul 2:06 pm

    apa yang dimaksud dengan metode KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN BELAJAR BERBASIS MASALAH

  1. Januari 1, 2009 pukul 11:30 am

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: